Pelaku Ditangkap, Berikut Kronologi dan Motif Pembunuhan Presenter TVRI Sultra

9084
Terduga pelaku pembunuhan presenter TVRI Sultra (baju hitam) saat ditangkap Buser 77 Polres Kendari.

Kendari, Inilahsultra.com – Akhirnya motif terbunuhnya Presenter TVRI Abu Saila alias Aditia (55) terungkap setelah terduga pelaku Achfi Suhasim ditangkap oleh tim Buser 77 Satreskrim Polres Kendari di Jalan Abunawas.

Pelaku ditangkap dalam kurun waktu tujuh jam sejak ditemukannya jasad korban. Pelakunya tak lain adalah teman korban. Keduanya sudah saling kenal sejak satu tahun yang lalu.

- Advertisement -

Kapolres Kendari AKBP Jimi Junaedi mengungkapkan, motif pembunuhan tersebut karena ketersinggungan atau sakit hati alias dendam.

Korban dieksekusi dari atas mobil, saat itu korban sempat keluar dari mobil dan melarikan diri dan terjatuh hingga meninggal dunia di selokan di Jalan Syech Yusuf, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Minggu 21 Juli 2019 pagi.

“Pelaku menghabisi korban dengan menggunakan badik. Setelah melukai korban, badik yang gunakan pelaku dibuang di seputaran Kebi (Kendari Beach),” ucap Jimi Junaedi saat ditemui di Polres Kendari.

Kemudian, pelaku membawa mobil milik korban ke arah Kelurahan Benubenua, Kecamatan Kendari Barat dan melarikan diri.

Namun pelariannya terhenti ditangan Tim Buser 77 di kos-kosan milik pacar pelaku di Jalan Abunawas.

“Lalu pelaku datang di kamar pacarnya untuk meminjam uang, saat itulah tim Buser 77 berhasil meringkusnya,” tuturnya.

Lanjut Jimi, barang bukti yang diamankan berupa baju dan handphone milik pelaku yang digunakan saat berkomunikasi dengan korban.

Pelaku dijerat pasal 338 dan pasal 340 KUHP dengan ancaman penjara minimal 20 tahun maksimal seumur hidup.

Fakta di lapangkan berdasarkan penelusuran media ini,

1. Korban beralamat di BTN Beringin blok H No 16 Kelurahan Baruga Kecamatan Baruga Kota Kendari. Selain sebagai presenter televisi, Aditia juga PNS di Dinas Pariwisata Pemprov Sultra.

2. Pada Sabtu 20 Juli 2019 sekira pukul 20.00 WlTa, korban keluar rumah dengan tujuan untuk membayar paket indihome melalui ATM. Almarhum menggunakan mobil Avanza warna putih dengan nomor polisi DT 1380 IE.

3. lstri korban Yuliaty melapor ke Polres karena suaminya tidak pulang sejak keluar rumah. Nomor handphonenya tidak dapat dihubungi.

“Tadi malam istri korban melaporkan ke Polsek Baruga |a|u diteruskan di Polres Kendari, saat keluar korban menggunakan mobil Avanza,” terang Kapolres Kendari AKBF Jemi Junaidi saat ditemui di TKP.

4. Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, Sabtu 20 Juli 2019 sekira pukul 21.00 WITa, warga setempat mendengar ada suara minta tolong. Namun warga sekitar mengira ada perkelahian malam itu.

5. Menurut keterangan saksi, Haryana Makkarannu, sekira pukul 09.00 WITa, ia menemukan jenazah korban di sekitar selokan depan rumahnya. Ia Iangsung melapor ke RT dan selanjutnya datang aparat kepolisian.

6. Di tubuh korban ditemukan luka robek pada bagian perut, dahi dan tangan. Dugaan sementara Aditiajadi korban pembunuhan.

7. Mobil korban ditemukan di Jalan Diponegoro, Kelurahan Benubenua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari. Lokasinya sekitar tujuh kilometer dari lokasi penemuan jenazah.

Saat ini mobil tersebut sudah diamankan polisi guna penyelidikan.

8. Polisi melakukan penyelidikan mengungkap pelaku pembunuhan Aditia.

9. Jenazah korban dibawa di Rumah Sakit Bhayangkara untuk diindentiflkasi.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
loading...