Pembelian Rastra di Buton Berlaku Non Tunai

52

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Penyaluran bantuan Beras Sejahtera (Rastra) di Kabupaten Buton akan dibeli dengan cara nontunai. Hal ini sesuai kebijakan Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang telah disosialisasikan, Senin 22 Juli 2019.

Bupati Buton La Bakry mengatakan, pembelian Rastra secara non tunai merupakan kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah pusat. Sehingga nanti disosialisasikan kepada masyarakat.

- Advertisement -

“Nanti tinggal warungnya yang disiapkan dimana masyarakat harus siap beli dengan non tunai,” ujar La Bakry.

Kata dia, sosialisasi program Rastra dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) nantinya harus disampaikan kepada masyarakat agar masyarakat siap. Pasalnya penerima Rastra nanti akan diberikan ATM sehingga tidak lagi secara manual.

“Sekarang diberikan ATM nanti tinggal di gesek,” terangnya.

Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sultra Ana Carolina Pujiastuti mengatakan, pemberlakuan pembayaran Rastra dengan cara non tunai sudah diberlakukan tahun ini di seluruh Indonesia. Bahkan sejak tahun lalu di Kota Baubau dan Kendari pembelian secara non tunai sudah berjalan. Walaupun hasil evaluasi ada sedikit kendala namun bisa diatasi.

Dulu, lanjut Ana, ada warga penerima Rastra yang mengeluh jika jatahnya di potong dan dibagi merata kepada warga lain yang tidak mendapat Rastra. Namun dengan adanya sistem Rastra non tunai maka hanya penerima kartu yang mendapatkan bantuan tanpa potongan.

Nantinnya, terang dia, pemerintah daerah akan bekerja sama dengan pihak bank untuk mencetak kartu seperti ATM. Sehingga warga tinggal membeli pada satu warung yang disiapkan dan bekerjasama dengan pihak Bulog.

“Satu warung nanti akan melayani 50 Kepala Keluarga (KK),” tuturnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Luas Jalan di Kota Kendari Sudah Tak Mampu Tampung Kendaraan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here