KONI Sultra Tak Siapkan Anggaran, Dua Atlet Billiard Terancam Batal Seleksi SEA Games

216
Muh Aswan Naim bersampingan dengan pelatih Ketua PB POBSI Roby Suarli.

Kendari, Inilahsultra.com – Kinerja Komite Olahraga Nasional (KONI) Sultra terhadap pembinaan atlet di Sultra kembali dipersoalkan.

Dua atlet billiard Sultra terancam gagal ikut seleksi SEA Games di Jakarta. Padahal, peluang menjadi wakil Indonesia di ajang olahraga antarnegara Asean itu cukup terbuka lebar.

Advertisements
- Advertisement -

Dua atlet Sultra yang mendapatkan panggilan PB Persatuan Olahraga Billiard Seluruh Indonesia (POBSI) untuk seleksi SEA Games Irwanto dan Nasaruddin.

Pelatih Billiard Sultra Aswan Naim mengaku, KONI provinsi maupun pengurus cabang olahraga di daerah tidak memporsikan anggaran untuk atlet yang ikut seleksi persiapan SEA Games 2019 di Filipina.

“Atlet Sultra yang mempunyai prestasi harus mendapat perhatian dari KONI Sultra. Dua atlet Sultra ini dapat kesempatan emas mengharumkan nama Sultra di nasional dan perlu dukungan tranportasi, akomodasi, komsumsi dan uang saku untuk berangkat mengikuti seleksi di Jakarta 25 sampai 31 Juli 2019 yang mana undangannya baru saja diterima oleh pengprov,” jelasnya.

Pelatih pengprov yang mengantongi lisensi nasional ini menyebut, kedua atlet andalan Sultra ini beberapa kali mendapatkan tawaran menggiurkan untuk hengkang dari Sultra.

“Saya melihat selama ini, selesai PON atau Kejurnas, atlet dilepas begitu saja, tidak ada perhatian baik dari pengprov cabor atau KONI Sultra,” katanya.

Harusnya, KONI Sultra sebagai induk organisasi olahraga hendaknya lebih perhatian dan tidak membiarkan cabor datang mengemis.

“Latihan dengan peralatan seadanya, tidak bisa mengikuti kejuaraan karena terkendala biaya pemberangkatan, tidak adanya kejelasan soal pendanaan membuat kami kesulitan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Pengprov POBSI Sultra Najib Husen meminta KONI lebih transparan soal dana yang disiapkan setiap cabor.

“Selama ini sering dialami, bahkan dana baru diketahui ketersediaannya ketika atlet akan diberangkatkan. Saat ini ada undangan penghargaan untuk kedua atlet kita yang diundang untuk mengikuti seleknas. Kalau pun anggarannya kita sudah tahu ada, ya tidak perlu ragu untuk langsung ikut sertakan,” tuturnya.

Baca Juga :  Satpol PP Mubar Turunkan 1 Peleton Amankan Pembukaan Gala Desa 2018

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...