M3 Tuntut Bupati Muna Tuntaskan Persolan Air Bersih di Watopute

643
Bupati Muna LM Rusman Emba saat berdialog dengan massa M3, di Aula Setda Muna, 25 Juli 2019.

Raha, Inilahsultra.com-Puluhan massa yang mengatasnamakan Milenial Militan Muna (M3) melakukan unjuk rasa di Kantor Sekretariat Daerah Muna, Kamis 25 Juli 2019. Mereka menyuarakan persoalan air bersih yang ada di Kecamatan Watopute tak kunjung dituntaskan pembangunannya sejak 2017 tahun lalu.

Korlap aksi, Aldin dalam orasinya menyampaikan, bahwa bupati selaku orang nomor satu di Muna dianggap telah ingkar janji kepada masyarakat.

- Advertisement -

Menurut dia, air sebagai kebutuhan dasar masyarakat dalam kehidupan, rupanya tidak mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah setempat.

“Untuk memperoleh air bersih, sudah puluhan tahun warga Watopute harus
menguras uang di kantong,” ujarnya.

Padahal, sambung dia pengerjaan instalasi air sudah dilakukan sejak 3 tahun lalu. Penanaman pipa air pun bahkan sudah berlapis-lapis, tapi sayangnya hingga saat ini tak pernah difungsinkan.

“Sehingga, terkesan hanya membuang-buang anggaran saja. Olehnya itu, kami meminta kepada Bupati Muna, agar segera mencopot Dirut PDAM karena tidak tegas dalam menangani persoalan air bersih,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba saat menerima para pendemo di dalam ruang rapat menegaskan, pihaknya tidak tinggal diam dalam pemenuhan kebutuhan air bersih di Kecamatan Watopute.

Ia mengaku, telah melakukan langkah-langkah, hanya saja terkedala dengan keterbatasan anggaran. Misalnya saja, mengarahkan kepala desa sudah untuk menggunakan anggaran dana desa dalam pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang wajib dipenuhi.

“Saya juga baru 2 tahun lebih menjabat. Karena persoalan ini masih satu tahun dan itu kita sudah usaha juga. Sebab butuh tahapan sehingga tinggal menunggu penganggaran,” tambahnya.

Mantan anggota DPD RI ini kembali menegaskan, kalau persoalan air bersih tetap komitmen untuk menuntaskannya.

“Nanti pihak PDAM dan PU akan turun untuk menyelesaikan masalah itu. Saya juga berharap agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh orang lain,” tuturnya.

Reporter : Iman
Editor      : Aso

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...