Pemkab Butur Beri Bantuan Bibit Unggul Rumput Laut ke 18 Kelompok Tani

249
 

Buranga, Inilahsultra.com-Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) resmi meluncurkan bibit unggul rumput laut. Bibit rumput itu diberi nama Rumput Laut Kulisusu.

- Advertisement -

Rumput laut Kulisusu tersebut terbentuk dari hasil kawin silangan antara rumput laut lokal Butur dengan Kultur jaringan.

Rumput laut ini pertama kali dikembangkan oleh Prof Laode Aslan (Akademisi UHO) melalui penelitian selama 1 tahun di teluk Kulisusu.

“Alhamdulillah, ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” kata Prof Aslan dalam sambutanya pada acara peluncuran sekaligus penyerahan bibit rumput laut oleh Bupati Butur Abu Hasan kepada 18 kelompok pembudidaya rumput laut dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kulisusu, Kulisusu Barat, dan Bonegunu, Minggu 28 Juli 2019 di halaman Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Butur.

Profesor yang bergelut dibidang rumput laut ini mengaku sangat sulit melakukan penelitian ini. Pasalnya, untuk mencapai lokasi penelitian harus menempuh medan yang tidak mudah.

Ia mengungkapkan, rumput laut Kulisusu ini baru baru pertama ada di Sulawesi tenggara. Pengujiannya, sambung dia dilakukan selama setahun dari hasil kawin silang rumput laut lokal dengan kultur jaringan.

“Hasil yang didapatkan pun sangat luar biasa. Ini juga rumput laut Kulisusu mungkin baru yang pertama di Indonesia,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Bupati Butur Abu Hasan pada kesempatan itu menerangkan, dalam rangka pemenuhan kebutuhan petani dan nelayan, pihaknya terus berupaya membangun daerah secara terpadu baik di darat maupun di laut.

“Pemerintah Daerah Buton Utara saat ini berkonsentrasi pada program kesejahteraan.  Peningkatan infrastruktur jalan itu penting, tetapi lebih penting lagi peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan,” imbuhnya.

Abu Hasanengakui, bibit yang dihasilkan dari perkawinan silang itu sangat unggul. Unggul artinya jauh lebih baik dibanding dengan kualitas rumput laut yang lain.

“Insha Allah kita akan terus kembangkan bibit ini. Akan kita berikan cuma-cuma ke masyarakat Butur. Ini fakta perlahan tapi pasti kita sudah jawab,” ucapnya.

Untuk menunjang hasil dari budidaya rumput laut itu, Abu Hasan menjelaskan setiap tahun pihaknya terus memprogramkan bantuan perahu bagi petani rumput laut.

Editor : Aso

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...