Ridwan Bae Meminta PT VDNI Setop Gunakan Jalan Pemerintah

234
Ridwan Bae

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota Komisi V DPR RI, Ridwan Bae meminta PT Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI) tidak terus-terusan menggunakan jalur jalan milik pemerintah untuk mobilisasi angkutan tambang.

Pernyataan tegas politikus Golkar itu menyusul keprihatinan atas kondisi buruk infrastruktur jalan di Kabupaten Konawe. Tak bisa dimungkiri, kata dia, aktivitas tambang berkontribusi besar terhadap kerusakan ruas jalan di sana.

- Advertisement -

PT VDNI pun diharuskan segera membangun infrastruktur jalan tambang sendiri agar tidak terus menerus menumpang di aset jalan pemerintah.

Diakui Ridwan, perusahaan smelter raksasa itu diketahui hingga kini masih menggunakan jalan umum untuk aktivitas hilir mudik angkutan tambang.

Akibatnya beberapa ruas jalan di sekitar jalur Sampara dan Morosi kini rusak parah lantaran disesaki muatan truk tambang bertonase besar. Tidak hanya merugikan masyarakat umum selaku pengguna jalan, pemerintah turut mendapat imbas karena mesti menggelontorkan anggaran besar untuk rehab dan maintanance jalan.

“PT Virtue tidak bolehlah melukai infrastruktur pemerintah. Tambah parah. Itu jalan bukan untuk kelas truk tonase besar. Buat jalan sendiri,” ucap Ridwan.

Peringatan Ridwan ini sendiri tidak hanya ditujukan bagi PT VDNI. Pemilik perusahaan tambang batu Moramo pun diminta mengambil langkah yang sama. Selain Konawe, dalam pengamantan Ridwan, infrastruktur jalan di Kabupaten Konsel juga mengalami nasib serupa. Kerusakan jalan parah akibat hilir mudik truk batu merusak infrastruktur publik yang dibangun pemerintah di sana.

Untuk itulah, ia berharap Pemprov Sultra juga sigap mempresure perusahan tambang agar tidak lagi memanfaatkan jalan umum untuk kegiatan mobilisasi material tambang atau sejenisnya.

Penulis : Siti Marlina

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
loading...