Ikut Saran KPK, Perumda Sultra Dorong Kepemilikan Saham di Perusahaan Tambang

1688
La Ode Suriyono

Kendari, Inilahsultra.com – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Sultra mendorong wacana kepemilikan saham daerah dalam komposisi saham perusahaan tambang di Sultra. Wacana ini tengah digodok untuk selanjutnya diajukan ke DPRD Sultra.

Dirut Perusda Sultra, La Ode Suryono ditemui di sela FGD Kesetaraan Investasi Dalam Menata Pembangunan Sektor Pertambangan Sultra oleh Medikra pada Kamis 1 Agustus 2019 mengatakan, pengajuan persentase saham Perusda di perusahaan tambang sebagai langkah strategis dalam rangka mendorong peningkatan PAD Sultra.

- Advertisement -

Hal ini juga sejalan dengan saran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menginginkan daerah ikut andil dalam tata kelola tambang.

“KPK sarankan kelola tambang lewat Perumda. Memungkinkan. Sudah sesuai rekomendasi KPK bahwa sudah saatnya daerah dapatkan hasil dari investasi tambang. Caranya ya begitu,” jelas La Ode Suryono.

Beberapa daerah saham perusahaan plat merah di perusahaan tambang, kata La Ode Suryono bisa mencapai rasio 41 banding 59.

Khusus Perusda Sultra, belum ada konsep resmi persentase saham yang akan diusul.

Namun begitu, kata pria yang akrab disapa Jhon itu, Perusda Sultra bisa mengajukan besaran kepemilikam saham antara 15- 20 persen.

Kabid Minerba ESDM Sultra, Yusmin, juga membenarkan peluang kepemilikan saham Perusda di perusahaan tambang terbuka lebar. Pihaknya pun kini tengah serius mendorong kebijakan tersebut ke DPRD Sultra.

Mengacu standar minimal persentase saham minimal bisa dihandle oleh Perusda Sultra dengan kalkulasi IUP aktif di Sultra, lanjut Yusmin, income dari sektor tambang ke depan bisa melejit menembus angka Rp 1 triliun. Jumlah itu di luar nominal CSR dan DBH.

“Kalau 10-15 persen saja di semua IUP, bisa dapat keuntungan Rp 1 Triliun. Sebelumnya kan cuma Rp 96 miliar,” ucap Yusmin.

Mengacu hal tersebut, pihak ESDM dan Perusda akan melakukan koordinasi dengan Perusda kabupaten-kabupaten yang menjadi basis investasi tambang di Bumi Anoa.

Penulis : Siti Marlina
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...