Bawaslu Ingatkan Dukcapil Soal Kepindahan Warga Mubar ke Muna Jelang Pilkada

339
bram

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muna mengingatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muna untuk selektif dan ketat menerima warga yang masuk, khususnya dari Muna Barat.

Ketua Bawaslu Muna Al Abzal Naim mengaku curiga dengan kepindahan ratusan warga dari Muna Barat ke Muna. Khawatirnya, ada kepentingan politik jelang Pilkada Muna 2020.

- Advertisement -

“Jangan sampai ini ada hubungannya dengan pilkada. Ini harus dipastikan oleh dukcapil. Harus ketat terhadap warga yang masuk sejak dini,” jelasnya, Selasa 6 Agustus 2019.

Pria yang akrab disapa Bram ini menyebut, arus perpindahan penduduk tidak bisa dihindari karena masyarakat punya urusan tertentu.

Hanya saja yang jadi soal, kepindahan warga dari Mubar ke Muna, patut dicurigai. Terlebih, sudah dekat pemilihan kepala daerah.

“Kami khawatirkan, dimana ada kontestasi politik di situ mereka berdomisili,” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta Disdukcapil Muna perlu mengecek identitas kependudukan mereka terkait lamanya berdomisili.

Sebab jangan sampai, warga yang pindah ini pernah berada di Muna, lantas pindah ke Mubar, lalu kembali di Muna di tengah riuhnya pesta demokrasi di Muna.

“Dukcapil harus cek langsung dimana domisili mereka. Ini untuk memastikan jangan sampai ada penduduk yang sengaja pindah untuk kepentingan politik,” tekannya.

Menurut Bram, perpindahan penduduk ini bisa mempengaruhi sistem data pemilih pada Pilkada 2020 nanti.

“Pastinya, data pemilih akan berubah-ubah karena adanya arus penduduk masuk dan keluar. Tapi, khusus di Muna yang katanya banyak warga Mubar yang masuk, ini perlu diawasi. Apalagi, saat ini kita sementara melakukan pemutakhiran data berkelanjutan,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Baca Juga :  Demo Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan Ali Mazi Berlanjut, Nama Wagub Disebut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here