Rusak Keindahan Kota, Pemkot Akan Tertibkan Pedagang di Kendari Beach

1299
Sejumlah barang dagangan yang dibiarkan begitu saja di sekitaran Kendari Beach.

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari meminta kepada para pedagang yang menjual di atas badan jalan di Kendari Beach untuk segera meninggalkan lokasi itu.

Larangan Pemkot Kendari ini telah tertuang dalam surat keputusan Wali Kota Kendari Nomor 1308 tahun 2014 tentang penetapan penjualan kuliner lesehan di Kendari Beach.

- Advertisement -

Namun saat ini, di daerah itu banyak ditemukan pedagang-pedagang selain pedagang kuliner yang menjual tanpa izin resmi dari Pemkot Kendari.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Kendari Nahwa Umar mengaku, pihaknya sudah menyampaikan surat edaran ini. Apabila masih ditemukan pedagang yang melakukan aktivitas jual beli selain kuliner dan bukan pada tempat yang telah ditentukan, maka akan ditertibkan satpol PP.

“Saya sudah sampaikan kepada satpol PP untuk terus memantau di lokasi tersebut dan melakukan sosialisasi melalui surat edaran. Kalau masih tetap menjual setelah mendapat surat edaran, langkah penertiban akan dilakukan oleh Satpol PP,” kata Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Kendari Nahwa Umat di salah satu hotel di Kendari, Kamis 8 Agustus 2019.

Nahwa menjelaskan, banyak pedagang ditemukan menjual mulai sore sampai malam hari.

Akibatnya, banyak sampah termasuk barang milik pedagang yang disimpan di sembarangan tempat.

“Ini bisa merusak keindahan Kota Kendari. Kita ingin mereka patuh terhadap aturan, pokoknya yang melanggar itu harus kita tertibkan. Kalau selesai menjual itu langsung diangkut jangan disimpan barang-barangnya sembarang tempat, karena hanya bikin kotor Kota Kendari saja,” jelasnya.

Ia menyebut, Pemkot Kendari telah menyediakan tempat bagi para pedagang.

“Rumah-rumah tempat menjual itu kita sudah siapkan dan telah ditata dengan rapi. Jadi, janganlah bikin kotor, kita ingin bersih, tentu orang juga senang untuk datang makan dan berwisata,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bank Sultra Salurkan Bantuan Korban Banjir di Butur

Seharusnya, tegas Nahwa, di pinggir jalan maupun pinggir laut sekitaran Kendari Beach digunakan untuk beristirahat atau berwisata.

“Bukan dipergunakan untuk menjual. Pinggir-pinggir laut itu kita bisa pergunakan untuk duduk dan bersantai pada sore sampai malam hari sambil menikmati makanan yang disajikan dari pedagang kuliner,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here