Festival Pesona Budaya Tua Buton, Even Memperkenalkan Budaya

126
Bupati Buton La Bakry dan Wabup Iis Elianti bersama Forkompimda saat pembukaan Buton Expo di Alun-alun Kantor Bupati Buton di Takawa, Senin 19 Agustus 2019.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Bupati Buton La Bakry dan Wakil Bupati Iis Elianti membuka pameran Buton Expo sekaligus membuka Festival Pesona Budaya Tua Buton di Alun-Alun Takawa, Senin 19 Agustus 2019. Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita.

Dalam sambutnanya Bupati Buton La Bakry mengatakan, Festival Pesona Budaya Tua Buton ini digelar setahun sekali. Festival ini sekaligus menjadi even pesta rakyat yang menyajikan hasil pembangunan daerah disemua sektor.

- Advertisement -

“Ini pesta rakyat memperkenalkan budaya kita kepada generasi muda, nasional dan internasional,” katanya.

Menurut dia, ada 60-an kapal Yacht yang singgah untuk menyaksikan festival tahunan ini. Jumlah kunjungan kapal-kapal asal luar negeri ini merupakan terbanyak sepanjang kegiatan Festival Pesona Budaya Tua Buton digelar.

                       

“Dan hari ini wisatawan mancanegara ikut bersama-sama dalam pembukaan Festival Pesona Budaya Tua Buton,” ungkapnya.

“Bapak Presiden mencanangkan revolusi mental dan apa yang jadi agenda festival sejalan dengan arahan presiden kita mulai dengan budaya kita. Saya yakin membangun Indonesia tidak harus dimulai dari Monas tapi dari desa, kecamatan, provinsi dan ini bentuk pengabdian,” tambahnya.

Kadis Pariaiwata Buton Zainuddin Napa mengatakan, even dalam Festival Pesona Budaya Tua Buton tahun 2019 lebih banyak.

Menariknya, festival kali ini bukan hanya melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), namun ada juga mitra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton hingga mitra yang ada di Jakarta.

“Kami laporkan yang ikut pameran semua 67 stand, 65 yang terisi dan dua yang masih kosong. Yakni Badan Pusat Statistik dan Kodim Buton, namun sudah berkoordinasi dengan panitia,” ujarnya.

Baca Juga :  Festival Budaya Tua Buton Dibuka Besok

Kata dia, Buton Expo ini merupakan rangkaian Festival Pesona Budaya Tua Buton. Buton Expo diikuti seluruh OPD, BNI, BRI, Bank Sultra, Polres Buton, Kodim Buton, dan beberapa pihak lainnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...