16 UMKM di Baubau Dapat Kucuran Dana Dari Kementerian Koperasi

527
H. Yakub

Baubau, Inilahsultra.com – Sedikitnya ada 16 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) wirausaha pemula di Kota Baubau mendapat dana hibah dari Kementerian Koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau H Yakub menuturkan, sebenarnya yang diusulkan itu sebanyak 25 UKM. Tetapi Kementerian hanya mengakomodir 16 UKM.

- Advertisement -

Kementerian hanya mengakomodir 16 UKM, lanjut Yakub, karena sisanya terkendala pada beberapa persyaratan yang tidak lengkap.

“Nominalnya itu berbeda-beda, ada Rp 11 juta dan Rp 12 juta per UKM. Dananya dari DAK dan sudah dikirim langsung ke rekening pelaku usaha,” tutur Yakub di ruang kerjanya, Kamis 22 Agustus 2019.

Kata dia, dana tersebut akan digunakan oleh para pelaku UKM untuk keperluan kelengkapan usahanya alias tambahan modal usaha.

“Besok (Jumat 23 Agustus) mereka kita kumpul disini (Kantor Dinas Koperasi) untuk diberikan pemahaman terkait penggunaan dana tersebut. Jangan sampai digunakan bukan untuk usahanya,” ujarnya.

Mantan Kabag Umum Kota Baubau ini memastikan akan mengawasi penggunaan dana bantuan tersebut apakah benar digunakan untuk usaha atau tidak.

“Kita monitoring. Kita lihat juga, apakah usahanya berkembang atau tidak dengan bantuan tersebut,” tukasnya.

Dijelaskan, monitoring tersebut merupakan bahan laporan Dinas Koperasi dan UKM Baubau ke Kementerian Koperasi. Pasalnya, bantuan dana hibah dari Kementerian ini merupakan yang pertama kalinya di Kota Baubau.

“Jadi kita laporan per enam bulan. Kalau UKM itu berkembang, maka bantuan dana itu nominalnya akan lebih besar lagi. UKM yang diusulkan juga akan bertambah banyak,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...