Masuk Musim Kemarau, PDAM Kota Kendari Jamin Ketersediaan Air Bersih

459
Direktur PDAM Kota Kendari Damin
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari menjamin ketersediaan air baku dalam menghadapi musim kemarau diprediksi akan terjadi hingga November 2019 mendatang.

-Advertisements-

Direktur PDAM Tirta Anoa Kendari Damin mengatakam, setiap tahunnya, selalu ada musim kemarau yang dapat menyebabkan penyusutan volume air dari sumber mata milik PDAM. Hanya saja, kata dia, tidak mempengaruhi volume air.

“Meskipum PDAM melayani 17 ribu pelanggan, saya jamin ketersediaan atau kecukupan air pada musim kemarau di Kota Kendari akan terlayani dengan baik,” kata Damin di kantornya, Jumat 23 Agustus 2019.

-Advertisements-

Damin menyebut, sumber air PDAM saat ini terdapat di empat titik yaitu di Sungai Konaweha, Matabondu, Anggoeya dan Sungai Wanggu.

Ia merinci, debit Sungai Konaweha saat normal, volume air bakunya mencapai 90.000 liter per detik. Angka surutnya terdapat 50 persen saat kemarau, dan masih ada 45.000 liter perdetik.

“Jadi yang kami ambil hanya 400 liter perdetik. Artinya, posisi air untuk pelanggan PDAM masih aman,” jelas Damin.

Damin menambahkan, yang menjadi masalah saat ini kalau masuk musim kemarau, sumur-sumur masyarakat kadang mengalami kekeringan. Untuk itu, ia mengimbau agar penggunaan air harus lebih hemat agar warga yang bukan pelanggan PDAM bisa menikmati air di musim kemarau.

“Yang jelas air PDAM tetap aman, warga tidak usah terlalu khawatir. Kami berusaha semaksimal mungkin, kami juga akan upayakan perbaikan pompa di Sungai Pohara lehih cepat,” tutup Damin.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
-Advertisements-
loading...