Google Latih Jurnalis Baubau Cek Fakta di Internet

228
Trainer Google yang juga Ketua AJI Kendari Zainal A Ishaq saat memberikan materi cek fakta kepada jurnalis di Kota Baubau. (Yasir/Inilahsultra)
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com- Google News Initiative (GNI), AJI Indonesia dan Internews memberikan pelatihan kepada puluhan jurnalis dari berbagai media di Kota Baubau, Senin 26 Agustus 2019.

-Advertisements-

Jurnalis Kota Baubau dilatih mengecek fakta yang tersebar di media sosial menggunakan beberapa tools yang dimiliki Google.

Pelatihan tersebut digelar selama dua hari, tepatnya 26 sampai 27 Agustus 2019.

Trainer GNI, AJI Indonesia dan Internews, Zainal A Ishaq menuturkan, pelatihan cek fakta ini sangat penting dalam mendukung kerja-kerja jurnalis. Sebab, kata dia, verifikasi adalah kewajiban dalam praktik jurnalisme.

“Verifikasi ini kan pekerjaan utama jurnalis. Jadi, tujuan pelatihan ini menambah pengetahuan jurnalis dalam melakukan verifikasi informasi utamanya dari internet, baik verifikasi waktu, lokasi dan informasinya,” tuturnya di sela-sela pelatihan.

Kata Inal, sapaan akrab Zainal A Ishaq, jurnalis dapat memverifikasi kebenaran sebuah informasi yang berasal dari unggahan media sosial (medsos) seperti facebook, instagram dan twitter.

“Dengan menggunakan tools, kita bisa membedakan akun yang mengunggah informasi tersebut asli atau tidak. Kita juga bisa mengetahui informasi tersebut kapan diunggah oleh pengunggah,” ujarnya.

Lebih jauh, Ketua AJI Kendari ini menjelaskan, jurnalis bisa membuktikan video asli dengan video yang sudah diedit dan diubah konteksnya. Begitu pula dengan foto, bisa dibuktikan siapa yang pertama mengunggah termasuk yang menggunggah terakhir dan bisa dibedakan antara foto yang sudah diedit atau tidak.

Diketahui, pelatihan cek fakta ini merupakan pelatihan kedua kalinya di Sultra dengan lokasi pertama di Kendari. Khusus di Baubau, kegiatan ini diinisiasi salah satu media situs berita (siber) di Kota Baubau, Kumparansultra.com.

Penulis : Muhammad Yasir
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...