Perjuangan Rajab Jinik, Menghapus Stigma Buruk di Depan Kampus UHO

2054
LM Rajab Jinik

Kendari, Inilahsultra.com – LM Rajab Jinik telah resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari Periode 2019-2024, Senin 26 Agustus 2019.

Ia merupakan perwakilan Golkar di DPRD Kota Kendari melalui daerah pemilihan (Dapil) Kambu-Baruga.

- Advertisement -

Kambu merupakan salah satu kecamatan di Kota Kendari yang wilayahnya masuk sekitaran Kampus Universitas Halu Oleo (UHO).

Selama ini, pemukiman yang terletak di sekitar kampus ternama di Sultra itu, terkenal anker dan kerap terjadi kerusuhan antarkelompok.

Bila malam tiba, situasi terasa rawan dan membuat warga enggan untuk melintas di area itu.

Situasi ini akibat dari stigamtisasi yang menyejarah selama ini. Area kampus dikenal rawan akibat keributan.

Menghapus stigma kampus daerah rawan menjadi salah satu perjuangan pertama LM Rajab Jinik di DPRD Kota Kendari.

Ditemui usai pelantikan, Rajab mengaku, label daerah rawan tak pantas disematkan di sekitaran kampus. Sebab, masyarakat sekitar kampus mayoritas berpendidikan.

Salah satu yang membuat langgeng stigma buruk itu adalah kondisi pemukiman sekitaran kampus tak memiliki alat penerangan.

“Bagaimana mau tidak rawan, tidak ada lampu jalan di sana,” kata Rajab Jinik.

Menurut Rajab, menciptakan situasi yang kondusif di depan kampus, bukan hanya tanggung jawab masyarakatnya. Lebih dari itu, pemerintah harusnya hadir dengan memberikan fasilitas berupa infrastruktur dan lampu penerangan jalan.

“Selain jalan di depan kampus, di lorong-lorong juga harusnya ada lampu jalan. Ini jelas tanggung jawab pemerintah,” jelasnya.

Akibat dari stigma miring ini, banyak warga terbatas waktunya untuk melakukan jual beli.

Padahal, area kampus dengan tingkat kebutuhan konsumsi yang tinggi, membutuhkan waktu panjang dalam bertransaksi.

“Ini jam 9 malam sudah tutup semua warung. Karena kondusifitas berusaha tidak dijamin dengan keamanan dan kenyamanan,” katanya.

Terhadap persoalan ini, Rajab akan mengusulkan ke Pemerintah Kota Kendari agar segera mengalokasikan anggaran pembangunan lampu penerangan di area pemukiman sekitaran kampus.

“Saya juga akan mengajak anggota dewan lain untuk sama-sama memperjuangkan hal ini. Tidak mungkin hanya saya sendiri,” tuturnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
loading...