Festival Keraton Kesultanan Buton Masuk 100 Kalender Even Pariwisata

133
Ali Arham

Baubau, Inilahsultra.com – Pagelaran besar yang akan dilaksanakan di Kota Baubau ternyata bukan hanya Festival Keraton Masyarakat Adat (FKMA) ASEAN, November mendatang.

Satu bulan sebelumnya, tepatnya Oktober, Festival Keraton Kesultanan Buton akan digelar. Festival ini akan digelar bersamaan dengan rangkaian HUT Kota Baubau yang jatuh pada 12-17 Oktober 2019.

- Advertisement -

Menariknya, Festival Keraton Kesultanan Buton ini telah masuk menjadi 100 kalender even Kementerian Pariwisata.

“Festival ini merupakan agenda yang masuk 100 kalender even yang dilakukan Kementerian Pariwisata,” tutur Kadis Pariwisata Baubau, Ali Arham di Kantornya, Kamis 29 Agustus 2019.

                       

Dalam festival itu, lanjut Ali, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau akan mengisi kegiatan pagelaran budaya, ritual adat, pekande-kandea dan karnaval budaya.

“Khusus karnaval budaya, pakaian peserta itu akan menggunakan kain tenun tradisional buton. Jadi yang kita tonjolkan (promosikan), kain tenun kita,” lanjutnya.

Kata dia, Festival Keraton Kesultanan Buton tahun ini merupakan pertama kalinya masuk menjadi 100 kalender iven kementerian.

“Ini pertama kali. Tentunya setiap ada iven kita mengusulkan, tapi persetujuannya tergantung mereka (Kemenpar),” pungkasnya.

Ali arham menambahkan, dari segi anggaran semuanya berasal dari kementerian.

“Anggarannya semua dari kementerian, saya tidak tahu berapa nilainya,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...
                   
                                       
Baca Juga :  Bikin Gaduh, Dua TKA Cina di PLTMG Baubau Dipecat