SMK Kesehatan Karya Persada Muna Ciptakan VCO dan Sabun Mandi

Wa Ode Anawati saat memperlihatkan produk sabun yang diciptakan SMK Kesehatan Karya Persada Kabupaten Muna.
Bacakan

Raha, Inilahsultra.com-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kesehatan Karya Persada Kabupaten Muna, beronovasi dengan menciptakan produk sabu mandi.

menjelaskan bahwa sesuai tuntutan bahwa sekolah kejuruan harus menciptakan produk sehingga setelah para siswa tamat telah memiliki bekal untuk berhadapan dengan masyarakat.

-Advertisement-

“SMK itu diajarkan untuk berinovasi melahirkan produk. Alhamdulillah SMK Kesehatan Karya Persada menciptakan VCO dan sabun mandi,” kata Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Kesehatan Karya Persada, Wa Ode Anawati saat ditemui di ruang praktek SMK Karya Persada, Sabtu 31 Agustus 2019.

Alumni Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta ini menerangkan, bahwa di sekolah yang dipimpinnya itu, siswa-siswi yang menempuh pendidikan selama 3 tahun diwajibkan mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 6 bulan di rumah sakit atau pun di tempat usaha lainnya.

Ia menyebutkan, selama dua bulan para siswa melaksanakan praktek di puskesmas, kemudian dua bulan melaksanakan praktek di rumah sakit dan Apotek. Sementara dua bulan terakhir para siswa dituntut untuk menghasilkan produk.

“Produk yang ciptakan itu VCO (Virgin Coconut Oil) dan pembuatan sabun, Semua itu terlepas dari bimbingan para guru,” ucapnya.

Anawati mengungkapkan, pembuatan VCO didasari bahwa di Kabupaten Muna banyak tanaman kelapa yang selama ini digunakan hanya sebagai kebutuhan rumah tangga sehingga nilainya sedikit.

“SMK Karya Persada melihat kelapa yang tidak memilik nilai ekonomi tinggi, sehingga berinovasi membuatnya menjadi minyak murni kelapa (VCO),” tuturnya.

Tidak berhenti sampai disitu, VCO terus dilakukan inovasi sehingga menciptakan produk sabun.

“Salah satu yang kita buat berbahan VCO, KOH, Aquadest, minyak Zaitun, pengaroma atau zat pewarna, sehingga jadilah sabu mandi,”

Anawati yang tergabung dalam Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Kabupaten Muna menegaskan, bahwa VCO memiliki manfaat dalam kesehatan salah satunya memiliki kandungan anti oksida yang tinggi, sehingga bisa mencegah penyakit oksidasi seperti hipertensi, konser, diabes.

“Khasiat dari sabun untuk perawatan kulit, mencerahkan kulit hingga melembutkan kulit,” tambahnya.

Produk yang ciptakan tersebut, kedepannya bakal diusahakan untuk mendapat legalitas izin di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Muna.

“Sehingga sabun ini bisa dipasarkan di mini market maupun di Hotel-hotel khusus di Kabupaten Muna,” ujarnya.

Untuk pemasaran sendiri, kata Anawati tidak akan kesulitan, sebab para siswa telah diajarkan ilmu marketing untuk mempresentasi maupun mempromosikan produk milik SMK Karya Persada.

“Untuk keamanan memakai sabun produk SMK Karya Persada, jangan ada keraguan. Dijamin aman tanpa ada efek samping,” imbuhnya.

Reporter : Iman

Editor      : Aso

Facebook Comments