Ali Mazi Beber Capaian di Ekspose 1 Tahun Kinerja AMAN

611
Ekspose Satu Tahun Aman. (Foto Ewit Kominfo Sultra)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Gubernur Sultra Ali Mazi membeber capaian kinerjanya dalam ekspose 1 tahun kepemimpinan pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN).

-Advertisements-

Pasangan ini tepat berumur satu tahun hari ini, 5 September 2019 sejak mereka dilantik Presiden Joko Widodo pada 5 September 2018.

Ekspose yang digelar di Hotel Claro Kendari ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, bupati se-Sultra dan Forkopimda.

“Mari kita bahu membahu dan bekerja sama membangun Sultra kalau saya mencari harta kekayaan untuk diri saya cukup tinggal di Jakarta, tetapi saya merasa malu Sultra yang begitu kaya, SDM yang cerdas tetapi pertumbuhan kita belum bisa bersaing dengan daerah lain di Indonesia,” ujarnya.

Kata dia, tidak ada gunanya berdemo. Paling utama bagaimana melakukan program untuk kepentingan masyarakat dengan demikian potensi yang ada di Sultra bisa dikelola dengan baik bukan untuk kepentingan pribadi.

“Sebagai gubernur saya tidak akan diam namun akan berbuat untuk memimpin dan mengelolah Sultra, bukan hoaks, bukan asal bicara di medsos,” katanya.

Kata dia ekspose 1 tahun dituangkan dalam program Garbarata. Konsep ini jadi dokumen pemerintah provinsi diharapkan dapat mempercepat terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera dan berdaya saing.

Agenda utama dalam pembangunan daerah diantaranya meningkatkan kualitas hidup masyarakat bidang ekonomi, pangan, pendidikan, kesehatan, lingkungan, politik, juga iman dan taqwa. Kemudian, mendorong birokrasi modern dan tata kelola pemerintahan desa yang baik meningkatkan kerjasama swasta dan masyarakat juga menberikan bantuan kepada kecamatan dan kelurahan.

Visi dan misi dipertajam dalam lima program Sultra beriman dan berbudaya, Sultra cerdas, Sultra produktif, Sultra sehat, Sultra peduli kemiskinan di semua SKPD.

“Masih banyak kekurangan dan perlu perbaikan ekspose ini sebagai cermin untuk melihat tanggapan masyarakat untuk umpan balik perbaikan program akan datang,” katanya lagi.

Ia menyebut, 1 tahun capaian akan jadi evaluasi, 5 September 2018 pasangan AMAN dilantik menjadi Gubernur dan Wakil gubernur periode 2018-2023 dan tepat hari ini telah berkurang satu tahun.

“Waktu lima tahun sangat singkat yang dilakukan pemerintah demi kepentingan masyarakat Sultra walaupun masih banyak yang tidak puas dan asal bicara di medsos padahal mereka belum memahami seorang pemimpin yang melakulan program pembangunan,” tuturnya.

Ia menuturkan, Sultra cukup kaya baik di laut darat dan udara. Termasuk sumber daya manusianya. Sultra yang begitu kaya tapi tidak bisa bersaing dengan daerah lain.

“Tinggal empat tahun kita akan bekerja keras dan bersusah payah. Namun tidak mungkin akan memberikan kepuasan seluruh masyarakat Sultra,” katanya.

Ia menyebut, pemerintah daerah tengah menggagas pembangunan
rumah sakit jantung yang diharapkan pertahun dapat memberikan keuntungan sebesar Rp 25 miliar.

Begitu juga dengan pembangunan kawasan wisata Toronipa yang ditargetkan dua tahun lama pengerjaanya.

Penulis : Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...