Merasa Difitnah, IAIN Kendari Usul Pecat Mahasiswanya

1039
 

Kendari, Inilahsultra.com – Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari memecat salah satu mahasiswanya, Hikma Sanggala karena dianggap telah memfitnah kampus tersebut.

Kabar pemecatan Hikma Sanggala ini ditulis dalam akun Facebook milik IAIN Kendari sejak 5 September 2019.

- Advertisement -

Pada Sabtu 7 September 2019 sekira pukul 22.50 WITa, pernyataan ini telah dibagikan 111 kali dan mendapatkan 30 komentar.

Aliwar, selaku Kepala SPI IAIN Kendari menyebut, sebagai catatan, Hikma Sanggala telah mendapatkan sanksi skorsing pada tahun 2017.

Selain itu yang bersangkutan pernah menolak mengikuti kegiatan program penyuluhan kependudukan kerjasama IAIN Kendari dengan BKKBN saat pelaksanaan KKN karena bertentangan dengan keyakinannya.

“Saat ini disebarkan melalui medsos bahwa IAIN Kendari adalah sarang orang-orang dzalim, memfasilitasi kemaksiatan dalam programnya dan tuduhan-tuduhan lainnya,” tulis Aliwar di Beranda Facebook IAIN Kendari.

Terhadap kasus Hikma Sanggala, lembaga telah melakukan langkah-langkah sesuai dengan prosedur akademik. Tim Kehormatan Kode Etik telah bekerja mengidentifikasi laporan, mengkaji, melakukan klarifikasi dan akhirnya merekomendasikan kepada Rektor untuk mendapatkan pertimbangan Senat.

“Yang bersangkutan dinyatakan telah melanggar kode etik karena terbukti telah melakukan pencemaran nama baik lembaga, pencemaran nama baik unsur pimpinan, dan dosen melalui media sosial,” lanjutnya.

Terhadap keputusan kampus ini, Hikma Sanggala dipersilakan untuk melakukan upaya-upaya hukum untuk mendapatkan keadilan hukum.

“Tim Kode Etik tidak sedang memenuhi keinginan orang/kelompok tertentu dalam mengambil keputusan,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...