Dianggap Menyebarkan Paham Bertentangan dengan Pancasila, IAIN Kendari Berhentikan Hikman Sanggala  

105
Hikman Sanggala.

Kendari, Inilahsultra.com-Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari nomor 0653 tahun 2019 tentang pemberhentian tidak terhotmat kepada Hikman Sanggala sebagai mahasiswa IAIN Kendari pada 22 Agustus 2019.

- Advertisement -

Dalam SK tersebut menegaskan, IAIN Kendari memberikan sanksi kepada Hikman Sanggala secara tiba-tiba, tetapi melalui kajian dan tahapan tahapan yang diatur dalam kode etik dan tata tertib Mahasiswa IAIN Kendari.

IAIN Kendari telah melakukan pembinaan secara persuasif kepada Hikman Sanggala agar tidak terpengaruh paham yang bertentangan dengan pancasila.

Hikman Sanggala sebelumnya sudah diberikan sanksi akademik pada tahun 2017 silam, dengan sanksi skorsing selama satu semester. Karena telah melakukan pelanggaran kode etik, bab V pasal 14 tentang melakukan provokasi dan tindakan mencemarkan nama baik IAIN Kendari.

                       

Hikman Sanggala telah dinasehati, dan diberi pembinaan untuk tidak menyebarkan paham paham yang bertentangan dengan pancasila dan nilai-nilai kebangsaan.

Namun kenyataannya Hikman Sanggala tetap melakukan penyebaran paham paham yang bertentangan dengan pancasila dan nilai-nilai kebangsaan kepada mahasiswa di lingkungan IAIN Kendari melalui media sosial.

Hikman Sanggala aktif menyebarkan konten dan berita di media sosial yang merusak citra IAIN Kendari dan menghina pimpinan IAIN Kendari dalam pemberitaan di media sosial yang mengatakan, bahwa Hikman Sanggala adalah mahasiswa berprestasi tidak sepenuhnya benar.

“Keputusan ini bersifat final, dan kami juga mempersilahkan Hikman Sanggala untuk melakukan upaya hukum apabila tidak menerima keputusan tersebut,” tegas

Rektor IAIN Kendari Faiza Binti Awad dalam SKnya.

Berbagai bukti dan pertimbangan serta saran dari dewan kehormatan kode etik dan tata tertib mahasiswa, maka Hikman Sanggala diberikan sanksi pemberhentian secara tidak hormat sebagai mahasiswa.

Baca Juga :  Tes SMMPTN Kembali Diundur, Jadwal Pelaksanaan 24-25 Juli

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...