Empat Balon Bupati Muna Berebut Pintu PDI Perjuangan

843
Ketua Bapilu DPC PDIP Muna, Muhammad Akhirullah.

Raha, Inilahsultra.com – Empat Bakal Calon (Balon) Bupati Bupati Muna yang akan tampil di Pilkada 2020 berusaha memperebutkan partai PDI Perjuangan.

Ketua Bappilu DPC PDI Perjuangab Muna, Muhammad Ahirullah menjelaskan, sejak dibukanya pendaftaran mulai 7-13 September 2019 sudah ada empat pendaftar.

- Advertisement -

“Pendaftar pertama bakal calon yakni Bupati Muna, LM Rusman Emba dan hari ini yang menyusul mau mendaftar yakni Bupati Muna Barat, LM. Rajiun Tumada, sementara Syarifuddin Udu dan dr Baharuddin mengutus penghubungnya untuk di daftarkan,” jelasnya saat ditemui di kantor DPC PDI Perjuangan Muna, Senin 9 September 2019.

Berdasarkan aturan partai, PDI Perjuangan nomor 24 tahun 2017 tentang penyaringan bakal calon bupati dan wakil bupati wajib calon yang bersangkutan datang sendiri mulai pengambilan sampai pengambilan dokumen.

                       

“Kalau ada penghubung yang datang tetap kita membuka ruang, yang sifatnya konsultatif dan koordinasi tentang informasi umum,” katanya.

Lanjutnya, setelah pengembalian dokumen, pihaknya akan melakukan verifikasi dan validasi data terhadap kebenaran dan keabsahan data yang diserahkan setiap bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar.

“Secara berjenjang akan dilaporkan di DPP, melalui DPD melakukan mekanisme yang sama,” ucapnya.

Ahirullah menegaskan, semua bakal calon yang mendaftar punya ruang dan peluang sama. Walaupun Bupati Muna LM Rusman Emba sebagaj kader dan sebagai Ketua Bappilu DPD Partai PDI-Perjuangan, bukan secara otomatis dapat pintu partai berlambang banteng itu.

“Pak Rusman sebagai kader memiliki pertimbangan sendiri, namun kalau ada faktor lain yang mempengaruhi diantaranya elektabilitas, peta politik dan peta geopolitik, nanti ada tim khusus yang mengkaji setiap balon bupati namun semua ini menjadi kewenangan DPP,” tegasnya.

Baca Juga :  Kritik Pengamat Dinilai Lecehkan Institusi DPRD Kota Kendari

Pihaknya telah mendapatkan informasi dari berbagai lembaga survei terkait elektabilitas bakal calon bupati

“Elektabilitas bakal calon akan bisa saja menjadi indikator penilaian,” tuturnya.

Penulis : Iman Supa

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...