Tak Ada Dokter, Pelayanan Poli Umum Puskesmas Wajo Tutup

88
Pelayanan Poli Umum Puskesmas Wajo Kota Baubau sempat ditutup, Senin 9 September 2019.

Baubau, Inilahsultra.com – Pelayanan kesehatan di Puskesmas Wajo Kota Baubau sempat macet, Senin 9 September 2019. Akibatnya sejumlah pasien protes.

Usut punya usut, macetnya pelayanan di Puskesmas Wajo karena tidak ada dokter yang melayani Poli Umum.

- Advertisement -

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Wahyu menuturkan, dua dokter yang ada di Puskesmas Wajo pindah tugas ke RSUD Baubau dan Buton Selatan (Busel).

Wahyu mengaku tidak tahu menahu soal kepindahan dua dokter umum Puskesmas Wajo tersebut. Pasalnya tidak ada pemberitahuan jika kedua dokter tersebut akan pindah.

                       

“Nanti Kepala Puskesmas datang menemui saya bicara tentang kekosongan itu, baru saya sadar. Intinya ini adalah kesalahan saya dan ini tanggungjawab saya,” tutur Wahyu di Rujab Wali Kota Baubau, Senin 9 September 2019.

Kata dia, jika mengetahui dari awal kedua dokter tersebut akan pindah, dirinya akan mengambil langkah antisipasi dengan menghadap ke Wali Kota atau Sekretaris Daerah (Sekda).

“Kalau tahu dari awal, saya antisipasi dengan mengusulkan ke Pak Wali atau Pak Sekda untuk menggeser dokter berlebih di Puskesmas lain,” ujarnya.

Pasca laporan Kepala Puskesmas, lanjut Wahyu, pihaknya langsung menggelar rapat internal membahas kekosongan dokter tersebut.

“Dalam waktu dekat sudah ada dokter pengganti. Rabu atau Kamis ini,” tukasnya.

Dijelaskan, dokter Pemkot Baubau terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Nusantara Sehat (NS) rekrutan Kementerian Kesehatan.

“Kita dilema. Disatu sisi kita dibatasi aturan. Kalau kita melanggar regulasi, salah. Tidak menempatkan dokter, masyarakat resah,” tandasnya.

Menelisik lebih jauh, wartawan Inilahsultra.com mendatangi Puskesmas Wajo. Di pintu tertulis “Untuk sementara tidak menerima pelayanan poli umum berhubung tidak adanya dokter umum. Yang tersedia hanya pelayanan poli gigi dan KIA”.

Baca Juga :  Demo di Kampus UMB, Mahasiswa Dipolisikan

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...