Dirjen Hortikultura Pantau Titik Kunjungan Jokowi di Angata Jelang HPS

156
Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian, DR Ir Prihasto Setyanto.

Kendari, Inilahsultra.com – Kementrian Pertanian terjun langsung meninjau persiapan penyelenggaraan Hari Pangan Sedunia ke 39 yang dipusatkan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Monitoring dilakukan Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian RI, DR Ir Prihasto Setyanto di Desa Puudambu Kecamatan Angata Kabupaten Konsel Rabu 11 September 2019.

- Advertisement -

Masyarakat Desa Puudambu diketahui ramai membudidayakan tanaman kakao sebagai komoditas primadona. Budidaya tanaman kakao di desa tersebut terbilang sukses karena telah berkolaborasi dengan Litbang dan Kementrian Pertanian untuk penerqpan teknologi pertanian.

Tak hanya kakao aneka produk tanaman perkebunan juga banyak di produksi di Desa Puudambu. Diantaranya tanaman kedelai.

                       

Jokowi, kata Prihasto dijadwalkan datang melihat langsung kawasan kebun kakao milik masyarakat di sana.

“Presiden ingin lihat ke lapangan bagaimana budidaya kakao di sini. Bagaimana proses peremajaan dan beberapa komiditas perkebunan dan pertanian masyarakat di sini,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, ada pula agenda temu wicara antara presiden dengan petani untuk menggali informasi dalam tentang keluhan dan permasalahan pertanian dan perkebunan di akar rumput

Desa Puudambu, lanjut Prihasto juga akan menjadi pusat penyelenggaraan TTG. Di sana, pemerintah telah melakukan clearing area yang akan digunakan sebagai lapangan pusat penyelenggaraan TTG. Lokasinya berdampingan dengan perkebunan kakao.

Total lahan yang disiapkan sebagai arena TTG mencapai 15 hektare. Kegiatan nasional itu sendiri ditaksir akan dihadiri 5000-an peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. Termasuk tamu dari Duta Besar negara asing.

“Ini bukan kunjungan pertama. Pastilah ada kunjungan berikutnya untuk monitoring. Kita pastikan semua sudah siap pada hari H nanti,” pungkasnya.

Baca Juga :  Tahun 2018, Buton Target Swasembada Daging Sapi

Penulis : Siti Marlina

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...