14 Lembaga Perbankan Partisipasi Kampanye GPN di Kampus UHO

365
Kepala BI Sultra, Suharman Tabrani dan Rektor UHO membuka sosialisasi GPN di Kampus UHO. (Foto BI)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Sebanyak 14 lembaga perbankan di Sultra tercatat ikut berpartisipasi dalam program kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Kampus Universitas Halu Oleo, Senin 16 September 2019.

-Advertisements-

Ke-14 lembaga perbankan dimaksud antara lain Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, Bank Muamalat, BNI, Bank Panin dan Bank Sultra.

Setiap bank menyiapkan bonus dan hadiah bagi mahasiswa yang melakukan penukaran kartu ATM berlogo GPN hari itu. Bank BCA misalkan menyiapkan doorprice uang tabungan senilai Rp 250 ribu bagi nasabah beruntung yang menukarkan kartu ATM lama dengan kartu berlogo GPN.

Sementara Bank Mandiri berbagi aneka souvenir untuk nasabah mahasiswa yang berminat menukarkan kartu GPN hari itu.

Sedikitnya 700 mahasiswa UHO dan beberapa mahasiswa kampus lain ikut meramaikan gelaran kampanye GPN di Aula Mokodompit di UHO.

Kepala Bank Indonesia Sultra, Suharman Tabrani menyatakan BI sengaja memilih kampus UHO sebagai lokasi kampanye untuk meningkatkan jumlah pengguna kartu berlogo garuda di Sultra. Di Sultra kartu GPN perdana dilaunching pada Juli 2018 lalu.

Ia turut memberi apresiasi pada Rektor UHO, Prof Zamrun yang memberi suport penuh dan membantu fasilitasi sosialisasi GPN oleh Bank Indonesia di Kampus UHO.

Sejak dilaunching medio 2018 lalu, kata Suharman, pengguna kartu GPN di Sultra mencapai angka 300 ribu nasabah.

Kepala BI Sultra, Suharman Tabrani dan segenap pimpinan Bank Se-Sultra yang ikut partisipasi dalam sosialisasi BI di Kampus UHO Senin 16 September 2019. (Foto BI)

“Kita berharap jumlahnya terus bertambah. Banyak yang berbondong menukarkan kartu ATM yang lama dengan kartu GPN. Tidak bisa hanya perbankan saja yang bergerak mesti ada dukungan dari masyarakat,” urai Suharman.

Vice Presiden Bank Mandiri Kendari, Ganjar Suganda menyatakan langkah BI menyosialisasikan kartu GPN di kalangan mahasiswa sangat efektif meningkatkan pengguna kartu tersebut.

“Kami sendiri melakukan berbagai program agar lebih banyak nasabah yang beralih menggunakan kartu GPN. Misalkan dalam acara olahraga atau kegiatan sosial.

Sosialisasi GPN hari itu ditutup dengan penampilan artis Pongky Jikustik. Puluhan mahasiswa beruntung memperoleh berbagai hadiah seperti laptop, printer dan kipas angin.

Kampanye penggunaan kartu GPN merupakan bagian program Bank Indonesia dalam rangka mendorong peningkatan transaksi non tunai. GPN sendiri memudahkan masyarakat jika ingin melakukan transaksi pembayaran non tunai menggunakan kartu debit di toko atau merchant.

Cukup dengan satu kartu GPN, nasabah bisa melakukan tarik tunai atau transaksi ke semua ATM dengan biaya yang lebih terjangkau dibanding kartu ATM biasa.

Terpisah, Rektor UHO, Prof Zamrun menyambut positif program BI mendorong penggunaan kartu GPN di kalangan mahasiswa. Apalagi, seluruh transaksi administrasi di universitas plat merah itu kini sudah berbasis non tunai.

Penulis : Siti Marlina

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...