Bupati Butur Ingatkan Para Kades Pentingnya Kebutuhan Air Bersih dan Sanitasi Warga

165
Abu Hasan memberikan sambutan pada acara pembukaan pelatihan penguatan pemerintah desa dan kecamatan di Butur tentang penerapan proses integrasi Program Perencanaan Jangka Menengah (PJM), Program Air Minum Kesehatan dan Sanitasi (Proaksi) ke dalam dokumen perencanaan dan penganggaran desa, bertempat di Hmsalah satu hotel di Ereke, Senin, 23 September 2019.

Berhubung hal itu, orang nomor satu di daerah paling utara pulau Buton ini mengharapkan dalam program perencanaan dan penganggaran desa selalu memperhatikan dua kebutuhan penting tersebut.

- Advertisement -

“Cara pandang pemerintah desa dan kecamatan harus sama. Namun demikian kalau tanpa didukung dengan masyarakat, semua tidak memberi manfaat yang berarti. Saat ini tidak boleh lagi ada pembuangan yang tidak melalui sanitasi yang tepat. Jangan lagi membuang limba rumah tangga disembarang tempat,” kata Abu Hasan pada pelatihan penguatan pemerintah desa dan kecamatan di Butur tentang penerapan proses integrasi Program Perencanaan Jangka Menengah (PJM), Program Air Minum Kesehatan dan Sanitasi (Proaksi) ke dalam dokumen perencanaan dan penganggaran desa, bertempat di Hmsalah satu hotel di Ereke, Senin, 23 September 2019.

Pada kesempatan itu, Abu Hasan meminta kepada seluruh jajaran pemerintah desa agar membangun desa tidak hanya sekedar membangun, tetapi yang terpenting adalah mengedepankan asas manfaat bagi masyarakat.

Kemudian setelah pembangunan itu selesai, yang terpenting adalah memperhatikan perawatan dan pemeliharaanya.

Menurut Abu Hasan, pembangunan tidak dilihat dari sisi-sisi tertentu saja. Dimana, pemerintah daerah saat ini tidak hanya fokus pada sektor-sektor tertentu.Namun tidak sedikit program pemerintah telah menyasar masuk sampai pada wilayah domestik atau pun urusan kebutuhan rumah tangga warga ikut dibangun.

“Kepada para kepala desa agar memandang program pengadaan air minum kesehatan dan sanitasi ini sebagai program penting. Jangan hanya membangun jalan tani ke sana ke mari kalau tidak memberi nilai manfaat lebih bagi masyarakat,” tegasnya.

Politisi PDIP itu juga mengingatkan, kepada pemerintah desa agar menggunakan dana desa dengan sebaik-baiknya. Karena dengan dukungan anggaran yang besar, jelas dia seyogyanya desa tersebut mampu berubah secara signifikan, baik secara ekonomi atupun kualitas infrastrukturnya.

“Apalagi bagi desa yang memiliki kekayaan sumber daya alam serta sumber daya manusia yang bagus, maka tidak ada alasan bagi desa tersebut untuk tidak maju,” imbuhnya.

Editor : Aso

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...