Ketersediaan Pangan di Buton Mengalami Surplus

65
Sekda Buton Laode Dzilfar Djafar saat berpose bersama dengan peserta Rakor Ketahanan Pangan, Senin 23 September 2019.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Ketersediaan pangan di Kabupaten Buton selama tahun 2019 mengalami surplus.

Hal itu diungkap Sekda Buton, Laode Dzilfar Djafar saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Ketahanan Pangan 2019, Senin 23 September 2019.

- Advertisement -

Ketersediaan pangan, lanjut Dzilfar, diperkirakan mencukupi untuk kebutuhan 3-6 bulan kedepan. Pangan yang dimaksud antara lain, jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang hijau, telur, daging sapi, dan beras.

“Melalui rapat koordinasi tersebut diharapkan dapat menghasilkan solusi terhadap masalah pembangunan daerah khsusnya kemiskinan, stunting serta antisipasi kemarau panjang,” ujarnya.

                       

Dzilfar berharap, Rakor ketahanan pangan dapat mensinergikan kebijakan antara Orginisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga terkait lainnya secara bersama-sama untuk melaksanakan pembangunan daerah.

Didalam UU, lanjut dia, menegaskan pangan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dua sisi yang tidak bisa terpisahkan. Pasalnya, pemenuhuhan pangan yang cukup adalah aspek dasar pembangunan SDM yang berdaya saing.

“Pemenuhan pangan dan gizi menjadi prioritas menjadi tanggung jawab negara,” urainya.

Kepada seluruh pimpinan OPD, lanjut dia, dapat menyampaikan permasalahan yang dihadapi. Sehingga pemerintah dapat menyelesaikan untuk memenuhi ketahanan pangan dan penanganan dapat dilakukan secara cepat.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...
                   
                                       
Baca Juga :  Perumahan bersubsidi Griya Lasalepa Muna Mulai Dibangun