Lima Desa di Kecamatan Kapontori Buton Dapat Bantuan 15.400 Ekor Ayam

1133
Bupati Buton La Bakry saat memberikan pengarahan di Kantor Camat Kapontori, Senin 30 September 2019.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Lima desa di Kecamatan Kapontori Kabupaten Buton mendapatkan bantuan ayam kampung super dari Kementerian Pertanian.

-Advertisements-

Bupati Buton La Bakry mengatakan, penerimaan bantuan awalnya akan diberikan sebesar 290.000 ekor. Namun didistribusikan lagi ke kabupaten lain hingga akhirnya Kabupaten Buton hanya mendapatkan 53.000 ekor.

“Bantuan ini dalam rangka penurunan angka kemiskinan dan stunting dimana tumbuh kembang anak tidak sesuai dengan umurnya atau tidak normal,” kata La Bakry saat sosialisasi penyerahan bantuan di Kantor Camat Kapontori, Senin 30 September 2019.

-Advertisements-

Dia menjelaskan, Kabupaten Buton masih masuk dalam salah satu daerah stunting tinggi. Namun hal itu bukan soal ekonomi tapi kurang pengetahuan calon ibu dan bapak dalam pemberian gizi kepada anak.

Sehingga, lanjut La Bakry, jika program pemberian bantuan berhasil maka anak-anak bisa dicukupkan gizinya dan bantuan akan ditambah lagi kepada keluarga yang lain.

Selain bantuan ayam super, kata La Bakry, pemerintah daerah juga sementara mengupayakan bantuan rumput laut, kelapa, jambu, jagung, singkong dan pala. Sehingga kehidupan masyarakat bisa terjamin untuk jangka pendek dan panjang.

Kadis Pertanian Buton Diwangga mengatakan, bantuan ayam yang diupayakan dari Kementerian Pertanian merupakan upaya Bupati Buton.

Kedepan, lanjut Diwangga, akan upayakan bantuan dibidang perkebunan. Sehingga usaha masyarakat di Kabupaten Buton setiap tahun dapat meningkat.

Dia merinci, ada lima desa/kelurahan di Kapontori yang menerima bantian. Diantaranya, Desa Wakalambe sebanyak 60 RTM , Desa Mabulugo sebanyak 58 RTM, Kelurahan Wakangka sebanyak 110 RTM, Desa Lambusango sebanyak 43 RTM, dan Kelurahan Wabutomobe sebanyak 37 RTM.

“Untuk lima desa/kelurahan itu jumlah ayam yang akan tiba totalnya 15.400 ekor,” katanya.

Disamping bantuan ayam, lanjut dia, akan diberikan bantuan pakan ternak 150 kg untuk 2 sampai 3 bulan kedepan, obat-obatan satu paket, dan uang tunai Rp 500 ribu untuk pembuatan kandang.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...