DPRD Buton Masa Bakti 2014-2019 Hasilkan 62 Perda

Ketua Pengadilan Negeri Pasarwajo Subai SH MH ketika melantik 25 anggota DPRD Buton masa bakti 2019-2024 di Gedung DPRD Buton, Selasa 1 Oktober 2019.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Ketua DPRD Buton Laode Rafiun mengatakan, anggota DPRD Buton masa bakti 2014-2019 telah menyelesaikan tugasnya hingga dilaksanakannya rapat paripurna DPRD Kabupaten Buton dalam rangka peresmian dan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kabupaten Buton periode 2019-2024.

-Advertisements-

“Selama lima tahun bertugas, DPRD Buton masa bakti 2014-2019 telah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.

-Advertisements-

Kata dia, selama menjalankan fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan, pada periode ini telah memberikan kontribusi besar. Salah satunya menetapkan 62 Peraturan Daerah (Perda). Baik Perda inisiatif DPRD Buton maupun Perda usulan Pemerintah Kabupaten Buton ke DPRD.

-Advertisements-
Sekretaris DPRD Buton Drs. Harsila saat berpose bersama 25 anggota DPRD Buton usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Selasa 1 Oktober 2019.

Selain itu DPRD Buton periode 2014-2019 juga telah menghasilkan 126 keputusan, melaksanakan 104 kali rapat Badan Musyawarah (Bamus), 228 kali rapat paripurna, 32 kali rapat Badan Anggaran (Banggar), 14 kali rapat pembentukan Perda, 61 kali rapat gabungan komisi, 105 kali rapat kerja dengan eksekutif, dan 70 kali rapat komisi.

Selain itu, pada fungsi anggaran DPRD Buton cukup memberikan kontribusi dalam hal rasionalisasi anggaran sesuai kondisi daerah berdasarkan skala prioritas. Pada fungsi pengawasan dilakukan rapat kerja yang cukup intens juga reses dan kunjungan kerja ke daerah serta peninjauan lapangan.

“Tentunya apa yang sudah dilakukan dengan kerjasama yang baik bahkan tanggal 21 juli 2019 dalam rangka silaturahmi nasional diselenggarkaan Adkasi DPRD Buton mendapatkan kepercayaan sebagai DPRD Terbaik di seluruh Indonesia. Semoga ini tetap dipertahankan kedepannya dalam membangun mitra dengan Pemda dan melayani masyarakat,” ujar Rafiun.

Kata dia, pihaknya menyadari kinerja DPRD Buton masih banyak kekurangan. Sehingga atas nama anggota menyampaikan permohonan maaf. Mungkin harapan tidak terpenuhi disebabkan kekurangan sebagai manusia biasa.

Satu Ketua dan Satu Wakil Ketua Pimpin DPRD Buton Sementara

Ketua DPRD Buton yang lama Laode Rafiun saat menyerahkan palu sidang kepada Ketua DPRD Buton Sementara Hariasi Salad SH.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Rapat paripurna pelantikan anggota DPRD Buton masa bakti 2019-2024 resmi digelar 1 Oktober 2019. Pengambilan sumpah dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Pasarwajo Subai SH MH terhadap 25 anggota DPRD Buton.

Pembukaan sidang paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah, dipimpin Ketua DPRD Buton yang lama, Laode Rafiun.

Pelantikan anggota DPRD Buton ini berdasarkan SK Gubernur Sultra Nomor 450 tahun 2019 tentang peresmin pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD Buton masa jabatan 2019 – 2024.

Untuk menjalankan lembaga DPRD Buton, ditunjuk satu orang ketua sementara dan satu wakil ketua sementara. Penunjukan itu berdasarkan jumlah perolehan kursi partai di DPRD Buton.

Sehingga hasilnya, menetapkan Hariasi SH sebagai ketua asal Partai Golkar dan Laode Rafiun sebagai wakil ketua asal PAN.

Ketua DPRD Ucapkan Terimakasih Kepada Seluruh Masyarakat Buton

Muspida Kabupaten Buton, Kapolres Buton AKBP Agung Ramos Paretogan Sinaga, Sekda Buton Laode Dzilfar Dzafar, Ketua KPU Buton Burhan, Ketua Bawaslu, Ketua PA, Danramil Pasarwajo saat menghadiri pelantikan anggota DPRD Buton, Selasa 1 Oktober 2019.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Ketua DPRD Buton Sementara Hariasi Salad mengatakan, amanah sebagai pimpinan bukan sesuatu yang mudah. Meski begitu, politikus Partai Golkar ini akan berusaha untuk mengembannya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Lanjut dia, visi misi Bupati dan Wakil Bupati Buton yang akan menjadikan daerah berbasis industri dan budaya terdepan akan dituangkan dalam rencana strategis (Renstra). Renstra ini tentu berbanding lurus dengan program nasional yang akan menjadi program kerja DPRD.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada semua masyarakat yang telah berpartisiapsi dalam Pemilu yang berlangsung sesuai harapan, penyelenggara Pemilu, TNI, dan Polri yang telah mengamankan Pemilu.

“Saya bukanlah yang terbaik tapi akan berupaya semaksimal mungkin mendedikasikan kepada masyarakat dan daerah yang sama kita cintai. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada anggota yang lama dalam mengemban amanah lima tahun ini,” 1ujarnya.

Bupati Berharap Anggota DPRD Buton Dapat Mengemban Amanah Rakyat Buton

Bupati Buton Drs La Bakry, M.Si, Wakil Bupati Buton Iis Elianti, SE saat paripurna pelantikan dan sumpah jabatan anggota DPRD Buton masa bakti 2019-2024.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Bupati Buton La Bakry memberikan selamat kepada anggota DPRD Buton yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Pasarwajo masa bakti 2019-2024 dan terima kasih kepada DPRD sebelumnya.

“Saya berharap semoga anggota DPRD Buton yang baru dapat mengemban amanah sebagai wakil rakyat dalam hal ini masyarakat Kabupaten Buton dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab bersama eksekutif, stake holder dan seluruh elemen masyarakat sehingga mampu membangun Buton lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Kata dia, rapat paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD Buton yang baru merupakan rangkaian puncak dari seluruh proses pemilihan umum sebagai sarana demokrasi yang dimaksudkan untuk mempresentasikan konstitusi negara.

Makanya, La Bakry berharap, setiap anggota wajib mengetahui, memahami, dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Dimana setiap anggota DPRD diharapkan mampu menggagas, mengawal pembangunan dan melakukan pengawasan dengan satu tekad membangun untuk kesejahteraan rakyat. (ADV)

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...