Penandatanganan NPHD Pilkada Muna, Rusman Emba Berharap Tak Ada Lagi PSU

Suasana Penandatanganan NPHD anggaran Pilkada Muna.
Bacakan

Raha, Inilahsultra.com-Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada Muna akhirnya ditandatangani anatar Pemerintah Kabupaten Muna, KPU dan Bawaslu Muna, Selasa 1 Oktober 2019. Penandatanganan dilaksanakan di Galampano Rujab Bupati Muna.

NPHD tersebut ditandatangani langsung Bupati Muna, LM. Rusman Emba, Ketua KPUD Muna, Kubais dan Ketua Bawaslu, Al Abzal Naim. Ikut dihadiri anggota KPU Sulawesi Tenggara, Al Munardin, Forkompinda, serta kepala OPD.

-Advertisement-

Bupati Muna, LM Rusman Emba dalam sambutannya mengatakan anggaran dana hibah Pilkada 2020 telah mengacu pembahasan APBD yang dalam pelaksanaan berdasarkan juknis yang ada.

“Hari ini kita sepakati penganggaran dana hibah Pilkada baik KPUD maupun Bawaslu” katanya.

Dengan kesepakatan yang dilakukan, Rusman berharap pilkada 2020 berjalan sukses tanpa ada PSU lagi.

Sementara itu, Ketua KPUD Muna Kubais menjelaskan anggaran yang digelontorkan dalam dana hibah tersebut, pihaknya mendapat jatah sebesar Rp 37,2 miliar.

“Kalau KPU anggaran disetujui sekitar Rp 37,2 miliar. Tahap pertama akan dicairkan sekira Rp 1,5 miliar, itu 14 hari setelah penandatangan naskah,” ungkapnya.

Sementara tahap kedua sebesar Rp 32 miliar yang akan dicairkan pada 21 Februari mendatang. Sisanya, tahap ketiga akan dicairkan 21 maret nanti.

Sama halnya dengan Bawaslu nilai dana hibah anggaran pengawasan Pilkada 2020 disepakati sebesar Rp14,8 miliar dengan rincian pencairan sekitar 40 persen, 50 persen dan 10 persen.

Reporter : Iman Supa

Facebook Comments