Buteng Keciprat 100 Unit Bantuan Bedah Rumah

88
La Ode Abdul Salam

Labungkari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) mendapatkan 100 unit bantuan bedah rumah bagi masyarakat yang memiliki tempat tinggal tidak layak huni. Bantuan tersebut berasal dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Bidang Perumahan dan Pemukiman Rakyat Dinas PUPR Kabupaten Buton Tengah La Ode Abdul Salam mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR.

- Advertisement -

“Tahun ini, 100 unit program BSPS ini difokuskan di lima desa. Diantaranya, Desa Lowulowu, Bantea, Rahia, Baruta Analalaki, dan Desa Wakea-kea,” ungkapnya, Senin 7 Oktober 2019.

Setiap desa, lanjut Salam, mendapatkan bantuan 20 unit rumah.

                       

“Alokasi dana bantuan ini sejumlah Rp 15 juta perunit. Rinciannya Rp 12,5 juta untuk bahan bangunan dan Rp 2,5 juta untuk biaya pemasangan,” jelas Salam.

Dana ini, tegas Salam, dikelola langsung masyarakat. Namun tidak diserakan langsung dalam bentuk uang tunai melainkan masuk dalam rekening masing-masing dan penggunaannya diawasi.

“Jadi masyarakat yang merencanakan dan yang kerjakan. Sepenuhnya masyarakat yang menyelenggarakan. Kita hanya mengawasi jangan sampai dana bantuan ini tidak digunakan untuk membangun rumahnya,” katanya.

Program ini, terang Salam, diupayakan tuntas pada Oktober ini. Iapun optimis hal itu bisa dicapai karena progres pembangunan berdasarkan hasil pengawasan sangat memuaskan.

Meski mendapatkan bantuan 100 unit, namun jumlah ini diakui berkurang dibanding tahun 2018 lalu. Saat itu jumlahnya mencapai 542 unit.

“Program ini tiap tahun terus disilang. Kan Buteng 2018 lalu cukup banyak, nah tahun ini sedikit dikurangi untuk diberikan ke daerah lain agar tidak terjadi kecemburuan. Semoga tahun depan kita dapat lebih banyak lagi,” tutupnya.

Baca Juga :  Resmikan SPBU Baru, Rusman Emba: Ini Membuka Lapangan Kerja

Reporter : LM Arianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...