15 Desa di Buton Dapat Bantuan Pamsimas

Sosialisasi Pamsimas III di Aula Bupati Buton, Kamis 10 Oktober 2019.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Sebanyak 15 desa di Kabupaten Buton mendapatkan bantuan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) pada tahun 2020 mendatang.

Plt Kadis Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Buton Nurul Kudus menjelaskan, Pamsimas merupakan progran dari pemerintah pusat. Program prioritas itu untuk mengembangkan desa yang memiliki akses air minum rendah untuk pemenuhan SPM (standar pelayanan minimal).

“Kami mengundang 47 desa. Nantinya ada 15 desa yang akan mendapatkan bantuan untuk program tahun 2020 dan yang diundang hari ini untuk persiapan bantuan tahun 2020,” kata dia saat sosialisasi Pamsimas di Aula Kantor Bupati Buton, Kamis 10 Oktober 2019.

Kata dia, pelayanan air minum dan sanitasi merupakan urusan wajib pemerintah, baik pusat dan daerah. Oleh karena itu, program Pamsimas ini merupakan program nasional untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum.

“Program ini bertujuan agar masyarakat dapat mengakses sarana air minum dan sanitasi yang aman, layak dan berkelanjutan, serta meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Sosialisasi ini, diharapkan dapat mendorong partisipasi dan keikutsertaan desa untuk mengikuti program Pamsimas III. Sehingga desa lainnya yang belum mengikuti program, bisa segera mengusulkan kepada pihak pengelola Pamsimas.

Program penyediaan air minum dan sanitasi masyarakat tersebut, lanjut dia, untuk membantu masyarakat yang berada diluar jangkauan PDAM dengan kategori daerah dengan masyarakat berpenghasilan rendah.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments