Sebanyak 500 Peserta Meriahkan Lomba PIONIR IAIN Kendari

300
Kejuaraan Futsal dalam kegiatan Pekan Ilmiah, Olahraga dan Seni Religi (PIONIR) IAIN Kendari.

Kendari, Inilahsultra.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar Pekan Ilmiah, Olahraga dan Seni Religi (PIONIR) dengan diikuti sebanyak 500 mahasiswa berasal dari program studi masing-masing.

Kegiatan dimulai pada 9-13 Oktober 2019 dengan diikuti sejumlah mahasiswa dari perwakilan 19 program studi masing-masing dengan berjuang untuk memperebutkan juara pada 13 cabang lomba.

- Advertisement -

Upacara pembukaan PIONIR dilaksanakan di halaman Gedung Rektorat IAIN Kendari. Turut hadir Wakil Rektor II , Dr. Batmang, M.Pd, Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Kepala SPI, Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan sejumlah dewan juri serta wasit yang akan memimpin pertandingan.

Ketua Panitia Kasim, M.Pd merinci, ada 13 cabang yang diperlombakan pada PIONIR kali ini yaitu karya inovasi, qiraatul kutub, debat Bahasa Arab, debat Bahasa Inggris, puitisasi Alquran, Musabaqah Hifzhil Quran, Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Syarhil Quran, bulu tangkis, sepak takraw, futsal, tenes meja dan bola voli.

“Berdasarkan data formulir pendaftaran yang masuk kepada panitia, animo tertinggi terdapat pada cabang olahraga seperti futsal, bulu tangkis, bola voli dan tenes meja. Sedangkan pada cabang seni religi, hifzhil quran memperoleh pendaftar terbanyak,” jelasnya

Lanjut Kasim, panitia telah menyiapkan tropi, medali dan sertifikat sebagai bentuk apresiasi kepada pemenang lomba. Sedangkan bagi individu pemenang yang dinilai memiliki potensi, akan mengikuti pertandingan tingkat regional maupun nasional dengan memperoleh pembinaan lanjutan dalam rangka menghadapi kegiatan POROS INTIM 2020.

Sementara itu, Wakil Rektor III IAIN Kendari Dr. H. Herman, M.Pd.I, meminta mahasiswa untuk serius mengikuti kegiatan ini. Sebab panitia akan menjajaki potensi mahasiswa yang akan mewakili IAIN Kendari pada Pekan Olahraga, Riset dan Ornamen Seni PTKIN Se Indonesia Timur (POROS INTIM) pada tahun 2020 yang akan digelar di Gorontalo.

“Selain untuk berprestasi, kegiatan PIONIR diharapkan menjadi ajang silaturrahmi antar mahasiswa, mempererat tali silaturahmi antarsivitas akademika dan yang terpenting sebagai wadah pengembangan minat dan bakat. Mudah-mudahan ini menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa dan mampu berprestasi pada event yang lebih besar,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...