Endang Hargai Survei Parameter Sekaligus Mempertanyakannya

Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Beberapa hari yang lalu survei Parameter merilis elektabilitas beberapa tokoh menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Konawe Selatan (Konsel) 2020. Salah satunya elektebiltas Muhammad Endang SA yang hanya mendapatkan 2,0 persen.

Menanggapi survei tersebut, Muh Endang mengatakan, hasil survei bukan satu-satunya acuan dalam menentukan elektabilitas seseorang, karena tiap lembaga survei pasti memiliki hasil yang berbeda-beda.

“Tetapi, apapun hasil dari surveinya kita harus menghargainya, dan saya ucapkan terima kasih sudah memberi saya 2,0 persen,” kata Muh Endang SA saat ditemui di kantor DPRD Sultra, Kamis 10 Oktober 2019.

Dari hasil survei tersebut, Wakil Ketua DPRD Sultra ini menganggap dirinya masih banyak kekurangan dan keterbatasan, sehingga hasil survei hanya 2,0 persen.

“Saya harus bekerja keras, kalau nantinya saya mau maju dalam Pilkada Konsel 2020 nanti,” ungkapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sultra ini menjelaskan, pada waktu pilkada kemarin mendapatkan suara sebanyak 47 ribu atau 31 persen. Kemudian waktu Pilcaleg, ia mendapatkan suara kurang lebih 16 ribu atau sekitar 15 persen.

Tetapi, lanjut dia, hasil survei dari Parameter dengan jangka waktu tidak terlalu lama membuat elektabilitas turun drastis tinggal 2,0 persen.

“Entah apa yang dilakukan sehingga mendapat hasil tersebut. Jadi luar biasa turunnya menjadi 2,0 persen, dan saya harus mengevaluasi diri dengan apa yang saya harus dilakukan. Mudah-mudahan ke depan tidak turun lagi,” jelasnya.

Apakah akan tetap maju di Pilkada Konsel dengan hasil survei Parameter ini, Endang mengatakan, belum bisa memastikan maju atau tidak, karena harus melihat dulu perkembangan di Konsel.

“Saya ini kader partai ditugaskan dimana pun saya siap. Saya masih menunggu persetujuan dan perintah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY),” jelasnya.

Apakah sudah ada komunikasi dengan bakal calon dan partai lain, Endang mengatakan, sudah berkomunikasi, koordinasi dan silaturahmi dengan bakal calon lain terkait Pilkada Konsel.

“Saya sudah ketemu bakal calon, dan sidah ketemu dengan pimpinan-pimpinan partai di Konsel. Yang jelas komunikasi berjalan dengan baik,” jelasnya

Ia menuturkan, Partai Demokrat di DPRD Konsel mendapatkan 4 kursi tinggal ditambah 3 kursi untuk mendapatkan satu pintu di Pilkada Konsel.

“Kita butuh 3 kursi lagi, dan partai untuk koalisi kita sudah jalani komunikasi, tapi saya belum infokan sekarang,” tutupnya.

Sebelumnya, Direktur Ekskutif Parameter Ras MD menyebut, berdasarkan survei elektabilitas lima bakal calon, Surunuddin bertengger di paling atas, yakni, 52,5 persen.

Posisi kedua, Irham Kalenggo dengan angka 9,5 persen. Rasyid di posisi ketiga dengan angka 2,0 persen. Muhammad Endang SA, sebanyak 2,0 persen dan Arsalim 1,8 persen. Sebanyak 32,2 persen belum memutuskan.

“Jadi selisih Surunuddin dengan Irham Kalenggo mencapai 43 persen. Surunuddin hampir masuk angka aman bagi petahana,” jelasnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments