Bawaslu Butur Proses Akun Facebook Reysal Kioko

1751
Munarsi, SP

Buranga, Inilahsultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton Utara (Butur) tengah memproses dugaan pelanggaran salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), SM.

Dia diduga pemegang akun Facebook Reysal Kioko. Akun ini kerap diduga terlibat memberikan dukungan kepada salah satu bakal calon bupati.

- Advertisement -

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Butur, Munarsi mengatakan, ada beberapa ASN yang diduga terlibat politik praktis. Salah satunya adalah, SM.

“Sementara dikaji unsur-unsurnya. Apakah melanggar atau tidak,” kata dia saat ditemui di kediaman Ketua Bawaslu Butur Hazamuddin, Sabtu 12 Oktober 2019.

                       

SM, lanjut Munarsi, diduga seorang guru di Kabupaten Buton Utara. Saat ini, data-data kepribadian SM sudah dikumpulkan. Termasuk barang bukti postingan-postingannya di facebook.

“Bukti-buktinya kita sudah kantongi semua,” tandas Munarsi.

Menurut dia, kasus ini bukan laporan masyarakat, melainkan temuan Bawaslu. Makanya, Bawaslu sedang mengkaji persoalan tersebut.

“Kalau memenuhi unsur kita akan panggil. Pemanggilan itu tergangtung kajian seperti apa nantinya,” terangnya.

Bukan hanya SM, terang Munarsi, dugaan keterlibatan sejumlah ASN juga sedang didalami.

Munarsi mengungkapkan, jika nantinya memenuhi unsur dalam persoalan itu, maka SM akan dipanggil dan akan dilakukan berita acara pemeriksaan (BAP). Setelah itu akan dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Ketua Bawaslu Butur, Hazamuddin menambahkan, SM sebelumnya sudah pernah diberikan sanksi oleh KASN karena diduga terlibat politik praktis.

SM diberikan sanksi hukuman disiplin oleh KASN. Hal itu sesuai surat KASN nomor R-140/KASN/7/2018 tanggal 16 Juli 2018 perihal rekomendasi atas pelanggaran kode etik prilaku ASN atas nama SM.

“Sudah pernah diberikan sanksi oleh KASN,” tandasnya.

Baca Juga :  Calon Kepala Daerah Baubau Sepakat Tolak Politik Uang

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...