52 pengacara Siap Dampingi Istri Eks Dandim Kendari

1093
 

Kendari, Inilahsultra.com – Sebanyak 52 pengacara di Kota Kendari yang tergabung dalam Supriadi and Co, siap mendampingi Irma Purnama Dewi Nasution, istri mantan Komandan Kodim 1417 Kendari Kolonel Kav Hendi Suhendi.

Sebelumnya, Irma Purnama Dewi Nasution terancam pasal UU ITE atas statusnya di sosial media (medsos) Facebook soal penusukan Menko Polhukam Wiranto.

- Advertisement -

Menurut Supriadi, neski belum ada laporan di polisi, 52 pengacara sudah memepersiapkan diri untuk membela mantan istri Eks Dandim 1417 Kendari itu.

“Saat ini kita masih menganalisa status itu dan kami akan memanggil ahli untuk menafsirkan kalimat dari postingan tersebut. Apakah dari poin-poin itu, dianggap telah memenuhi unsur dalam UU ITE,” jelas Supriadi, Minggu 13 Oktober 2019.

Supriadi mengaku, saat ini mereka masih menyiapkan langkah yang akan ditempuh soal ancaman UU ITE tersebut.

“Detik ini kita belum mendapat keterangan resmi dari ibu Irma bahwa telah dilaporkan,” katanya.

Menurutnya, UU ITE bersifat pribadi. Sehingga yang berhak mengadu hanya orang yang merasa dirugikan.

“Pertanyaannya adalah siapa yang dirugikan dalam hal ini, karena kami belum bisa atau belum mendapatkan keterangan satu pihak atau pihak mana pun yang yang merasa dirugikan,” sambung Supriyadi.

Supriyadi melanjutkan, dalam aduan mengatur masalah kepentingan korban. Sehingga konteks di dalam UU ITE menyangkut siapa yang dicemarkan nama baiknya dan siapa yang dihina.

“Berbicara masalah perlindungan hukum yang diberikan kepada korban bersifat subyektif sehingga harus diimbangi, berbicara masalah kriteria yang objektif karena di dalam unsur UU ITE. Konteks satu kesatuan yang penting harus jelas berbicara masalah konten dan konteks,” bebernya.

Menurutnya, kalau berbicara masalah konten berarti berbicara masalah indentitas yang mengacu pada orang pribadi tertentu, bukan pribadi hukum atau orang secara umum.

“Nah pribadi tertentu ini siapa? Kami masih masih menunggu sampai detik ini, karena sifatnya UU ITE delik aduan bukan delik biasa. Subjek hukumnya siapa yang harus mengadu karena sampai detik ini kami menganggap belum aduan itu.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...