Penenun Kain Buton Meriahkan Baubau Expo 2019

102
Penenun kain Buton ikut memeriahkan Baubau Expo 2019.

Baubau, Inilahsultra.com – Baubau Expo dan Festival Keraton Kesultanan Buton yang menjadi rangkaian Hari Jadi Kota Baubau ke-478 dan HUT Kota Baubau ke-18 sebagai Daerah Otonom resmi dibuka, Sabtu 12 Oktober 2019.

Dalam pelaksanaan Baubau Expo tersebut, ada 62 stand pameran yang terdiri dari berbagai instansi. Mulai dari stand pameran instansi Pemda, stand pameran instansi vertikal dan ada juga stand pameran BUMN serta BUMD.

Advertisements
- Advertisement -

Masyarakat Kota Baubau sangat antusias menyaksikan pameran tersebut. Satu demi satu stand pameran diserbu ratusan warga yang muncul dari berbagai kalangan.

Bagaimana tidak, masing-masing stand tampil dengan keunikan model stand dan sekaligus memamerkan produk unggulan daerah.

Tidak jauh dari stand pameran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Baubau, telah berjejer rapi enam wanita cantik yang tengah asyik menghani dan meluruskan benang. Mereka adalah penenun yang dimiliki Kota Baubau.

“Tujuan kita tampilkan di Baubau Expo ini agar masyarakat bisa melihat dan mengetahui secara langsung proses tahapan menenun itu seperti apa,” tutur Koordinator Tenun Sulaa, Gafaruddin, di Kotamara (pusat pelaksanaan pameran).

Amatan Inilahsultra.com, sudah ada beberapa kain tenun buton yang dipajang untuk dilihat masyarakat yang berkunjung. Kain tenun Buton tersebut di labeli harga yang berbeda-beda.

Ada beberapa kain tenun buton yang menarik perhatian masyarakat. Selain jenis kainnya yang lembut, harganya juga lumayan fantastis. Mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 2 juta.

Gafaruddin menjelaskan, kain tenun Buton seharga Rp 750 ribu hingga Rp 2 juta tersebut, menggunakan pewarna dari alam. Seperti pohon mengkudu atau akar mengkudu.

“Jadi wajar kalau harganya seperti itu karena kualitas kainnya juga sangat terjamin. Lembut, tidak panas. Dan juga tingkat kesulitannya lebih dibanding kain tenun yang menggunakan pewarna biasa,” jelasnya.

Baca Juga :  Pimpin Partai Hanura, Yuman Janjikan Enam Kursi di DPRD Baubau

Diketahui, enam penenun tersebut di datangkan dari berbagai kelurahan yang ada di Kota Baubau. Diantaranya, Sulaa, Bonebone dan Tanganapada.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...