TMMD Cikal Bakal Percepatan Pembangunan di Busel

Prajurit TNI dan masyarakat lingkungan Kolowu Morikana saat bekerja bersama membangun masjid.
Bacakan

Batauga, Inilahsultra.com– Kehadiran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Buton Selatan (Busel) menjadi rasa syukur tersendiri bagi pemerintah setempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Busel, La Siambo menuturkan, Pemkab Busel merespon positif dan mendukung penuh kegiatan ini. Pasalnya, Pemkab Busel tengah gencar-gencarnya melakukan percepatan pembangunan.

-Advertisement-

“TMMD di Busel diharapkan mampu mendorong semangat percepatan rasa bersama pembangunan. Pemerintah termotivasi dalam mewujudkan percepatan pembangunan daerah,” tuturnya.

Kata dia, program TMMD tahun ini adalah suatu wujud nyata TNI dalam mendukung pemerintahan dalam membangun masyarakat Desa. Membangun desa sendiri merupakan salah satu program operasi bakti TNI.

“Terpenting, memupuk komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, serta membangun semangat nasionalisme,” ujarnya.

La Siambo menjelaskan, TMMD ini untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah demi mensejahterakan masyarakat. Program ini juga mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Untuk itu, kerja sama dan koordinasi yang baik antar instansi daerah serta partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan dalam program TMMD ini,” pungkasnya.

Diketahui, TMMD adalah program terpadu lintas sektoral, sehingga dalam penerapannya, TNI tidak bekerja sendiri namun menggandeng banyak pihak. Mulai dari pemerintahan daerah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta sejumlah stakholder lainya.

TMMD merupakan perwujudan dari Operasi Bhakti TNI selain program Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Program yang bekerjasama pemerintah daerah ini untuk mendorong berhasilnya pembangunan nasional hingga ke pelosok.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments