APBD 2020 Kota Kendari Dialokasikan Dana Kelurahan Rp 60 Miliar

228
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari telah memporsikan dana kelurahan 5 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari tahun 2020.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan mengatakan, dana kelurahan digunakan untuk menunjang sarana prasarana dan memberdayakan masyarakat di wilayah kelurahan.

- Advertisement -

Untuk itu, lanjut dia, Pemkot Kendari harus mengalokasikan dana kelurahan di APBD karena dana kelurahan diatur dalam Undang Undang No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

“Dana kelurahan besarannya lima persen di APBD di luar Dana Alokasi Khusus (DAK), harus kita pastikan, dan harus terpenuhi di tiap-tiap kelurahan,” kata Subhan di ruang kerjanya, Selasa 15 Oktober 2019.

Lanjut Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, dana lima persen dari APBD ini akan disalurkan di 65 Kelurahan yang ada di Kota Kendari.

“Lima persen ini kita sudah hitung sekitar Rp 57 miliar sampai Rp 60 miliar akan dibagi tiap-tiap kelurahan,” jelasnya.

Ketua Kerukunan Pedagang Kota Kendari ini menjelaskan, dana kelurahan lima persen ini akan disalurkan ke program-program kelurahan dari hasil-hasil musrembang, dan kemudian akan dibicarakan di tingkat RT/RW untuk sasarannya.

“Supaya program-program yang ada di kelurahan yang selama ini tidak mampu terjawab di tingkat kota, mudah-mudahan bisa terjawab dengan program di dana kelurahan ini,” ungkapnya.

Meskipun sudah diporsikan lima persen, lanjut Subhan, DPRD akan tetap mengawasi penggunaan dana kelurahan pada tahun 2020 nanti, karena nilainya begitu fantastis.

“Mulai dari pembahasan dan penggunaannya nanti, kami di DPRD akan selalu mengawasi,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...