Tingkatkan Pendapatan Warga, Bupati Buton Genjot Sektor Pertanian

Bupati Buton La Bakry saat bertatap muka dengan warga di Kecamatan Kapontori.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Bupati Buton La Bakry menggenjot sektor pertanian untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Diantaranya penanaman kelapa, pala, jambu mette, serta rumput laut.

-Advertisements-

Hal itu diungkap La Bakry saat bertatap muka dengan masyarakat Desa Wakuli Kecamatan Kapontori beberapa waktu lalu.

La Bakry mengatakan, untuk kelapa dapat dimanfaatkan warga mulai dari daun, buah ataupun sabuk dan tempurung. Sementara pala akan menjadi tanaman alternatif untuk mendapatkan penghasilan. Apalagi pala merupakan salah satu tanaman yang gampang ditanam.

“Kelapa itu dari buah yang masih muda, tua dapat dimanfaatkan. Ini sangat potensial jika dikembangkan,” jelasnya.

Kata dia, buah kelapa yang muda bisa dijual untuk kebutuhan pedagang es buah. Sedangkan kelapa tua bisa digunakan untuk kebutuhan masak-memasak sehingga masyarakat tidak akan kesulitan.

Sementara untuk pala, kata dia, hasilnya menjanjikan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Walaupun tanam ini butuh waktu agak lama. Namun dapat diselingi dengan tanaman jangka pendek.

Selain itu, kata dia, program pemerintah daerah dengan mengembangkan ayam petelur super sebanyak 50 ribu lebih di Kabupaten Buton diharapkan bisa sukses untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Program pemerintah daerah diharapkan dapat menyentuh seluruh lapisan masyatakat,” katanya.

Bukan hanya sektor pertanian, untuk segala bidang, pemerintah daerah berupaya agar dapat menjawab kesulitan masyarakat di Kabupaten Buton.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...