Terdakwa Pencabulan di Baubau Divonis Bebas

343
Fadlan Hasirun didampingi kuasa hukumnya.

Baubau, Inilahsultra.com – Masih ingat dengan kasus dugaan persetubuhan anak dibawah umur dengan korban inisial SNF (12) yang terjadi di Kelurahan Kantalai Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau, Jumat 12 April 2019 lalu.

Kini, proses sidang dalam kasus dugaan pencabulan dengan terdakwa Fadlan Hasirun (41) tersebut, memasuki tahap sidang putusan (vonis), Kamis 17 Oktober 2019.

Advertisements
- Advertisement -

Sidang putusan Pengadilan Negeri (PN) Baubau, yang dipimpin Rommel F Tampubolon SH sebagai hakim ketua didampingi kedua anggotanya, Lutfi Alzagladi SH dan Muhajir SH memvonis bebas Fadlan.

“Menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dalam dakwaan pertama dan kedua, membebaskan terdakwa dari dakwaan, memulihkan hak-hak terdakwa dalam kemampuan kedudukan harkat dan martabatnya serta memerintahkan terdakwa dikeluarkan dari tahanan,” bunyi petikan putusan majelis hakim.

Mendengar vonis bebas tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau masih pikir-pikir apakah menerima atau melakukan kasasi.

“Kita masih pikir-pikir, dengan batas waktu selama 14 hari untuk menentukan sikap,” ujar Kasi Pidum Kejari Baubau, Fadly A Safaa.

Kata dia, yang menjadi pertimbangan majelis hakim, karena ada saksi yang meringankan yang dihadirkan dalam persidangan.

“Ditambah lagi, dalam persidangan, saksi (teman korban) menyatakan terdakwa bukan pelakunya. Hal itu berbeda dengan pernyataannya dalam berkas perkara,” ujarnya.

Sementara itu, kuasa hukum terdakwa, La Ode Bunga Ali mengatakan, akan mengembalikan nama baik kliennya dengan upaya hukum. Pasalnya, selama lima bulan terdakwa mengalami kerugian, baik itu moril ataupun materil.

“Tapi kita lihat dulu upaya hukum apa yang akan dilakukan JPU Kejari Baubau menyikapi vonis bebas ini,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...
     
Baca Juga :  Pemkot Baubau 'Impor' 5 Ton Bawang Putih Dari Makassar