IAIN Kendari Telorkan 550 Wisudawan

33
Suasana wisuda yang digelar IAIN Kendari. (Haerun)

Kendari, Inilahsultra.com – Sebanyak 550 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menjalani wisuda di salah satu hotel di Kota Kendari, Minggu 20 Oktober 2019.

Ke-550 mahasiswa ini berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebanyak 316 wisudawan, Fakultas Syariah sebanyak 42 wisudawan, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah sebanyak 32 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 83 orang, dan Pascasarjana sebanyak 77 wisudawan.

- Advertisement -

Rektor IAIN Kendari Prof Dr Faizah Binti Awad dalam sambutannya menyatakan, acara hari ini menjadi peristiwa penting bagi wisudawan.

Ia melanjutkan, kesuksasan meraih gelar sarjana, merupakan perjuangan para calon sarjana dengan mengorbankan tenaga, waktu, pikiran, perasaan, dan biaya.

                       

“Hal ini juga tidak terlepas bantuan dari malaikat-malaikat hidup yaitu orang tuan kalian tercinta. Orang tua kalian yang berada di ruangan ini dengan senyum kebahagiaan dan menjadi saksi atas perjuangan kalian semuanya. Saya perintahkan kepada ananda semua untuk memandang dan menatap wajah orang tua anda sedalam-dalamnya dari tempat duduk anda masing-masing, lihatlah wajah orang tua anda masing-masing di sana ada senyum kebahagiaan dan selanjutnya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mereka,” ungkapnya.

Ia menyebut, terik matahari tak terasa dikulit, hujan tak menjadi masalah, sakit bukan menjadi penghalang bagi orang tua para sarjana. Menurut dia, walau perut menahan lapar di sepanjang hari, terpenting bagi mereka adalah kesuksesan dan kebahagiaan anak-anaknya untuk melanjutkan studi dan menjadi seorang yang cerdas, pandai atau sarjana.

“Bagi orang tuanya telah meninggal dunia di momen ini mohonkanlah dengan perasaan yang paling rendah agar amal kebaikan mereka diterima di sisi Allah SWT. Dan bagi kalian yang masih lengkap kedua orang tua ucapkanlah kalimat yang terbaik yang belum pernah kalian ucapkan untuk siapa pun kalimat itu bahkan untuk dosen kalian,” imbaunya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Buton Beri Bantuan SMAN 1 Pasarwajo

Ia juga mengajak para wisudawan untuk mengingat hari ini sebagai awal titik untuk aktualisasi diri ke masyarakat.

“Kalian di tunggu di Sultra dan secara untuk Indonesia secara umum, pengabdian dan dedikasi untuk memajukan dan membuat perubahan di tengah masyarakat sehingga alumni IAIN Kendari juga berperan untuk kemajuan yang direncanakan oleh pemerintah melalui bonus demografi dapat terwujud,” katanya.

“Saya juga ingin menitipkan pesan pada para Aaumni tunjukan kualitas di masyarakat, jadilah penawar dahaga masyarakat, bekerjalah dengan tulus ikhlas, berintegritas dan menjaga nama baik almamater IAIN Kendari,” pesannya.

Kepada para alumni, orang nomor satu di IAIN Kendari ini menitipkan pesan moderasi beragama dan antiradikalisme. Alumni harus mampu menjadi duta Islam wasathiyah di masyarakat yang menghargai dan menerima perbedaan sebagaimana bangsa ini ditakdirkan berbeda-beda baik suku, bahasa dan agama, namun terikat atas nilai persaudaraan dan semangat persatuan.

“Kalian dan kita semua harus mampu menjaga empat (4) pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika dalam mewujudkan negeri Indonesia yang diridhoi oleh Allah SWT,” ucapnya.

“Atas nama IAIN Kendari saya mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan di kampus tercinta ini,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...