Bupati Buton Minta PKK, Bhayangkari, dan Persit Atasi Stunting

205
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Pada penutupan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 47, Bupati Buton La Bakry meminta agar setiap program PKK, Bhayangkari, dan Persit dapat bahu membahu membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton mengatasi stunting.

Menurut La Bakry hal itu merupakan arahan Ketua Umum PKK Nasional. Sehingga, PKK, Bhayangkari, dan Persit sebagai mitra pemerintah dapat menjalankan program yang mendukung pemerintah.

- Advertisement -

Apalagi, saat pelantikan Presiden RI Joko Widodo menegaskan, jika lima tahun kedepan menempatkan peningkatan sumber daya manusia menjadi priotitas utama.

“Apa yang disampaikan Presiden tentang sumber daya manusia bermula dari kelompok di masyarakat kecil dalam hal ini keluarga, dan seluruh tim penggerak PKK punya peran strategis dalam mewujudkan harapan Presiden,” pintanya saat menutup HKG PKK ke 47, Selasa 22 Oktober 2019.

Di daerah sendiri, lanjut dia, Kabupaten Buton masih masuk sebagai daerah dengan tingkat stunting tinggi. Sehingga mengatasi kondisi tersebut harus menjadi program bersama. Jika tidak, maka stunting akan mewariskan satu generasi yang pendek, tidak sesuai tumbuh kembang anak dan usianya.

“Stunting di Buton masih sagat tinggi,”kata dia.

Untuk itu, dia meminta agar anggota PKK, Bhayangkari, dan Persit bersama-sama bahu membahu meyampaikan kepada masyarakat tentang pola asuh anak yang baik dan benar.

“Ini tantangan bangsa dan didaerah, ini berkaitan dengan pola asuh masih sangat terbatas. Peran PKK, Bhayangkari juga Persit sangat dibutuhkan,” tandasnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Buton, Delia Montolalu La Bakry mengatakan, sebagaimana layaknya HUT maka momentum HKG PKK senantiasa dilaksanakan setiap tahun.

“Saya sangat mengharapkan agar kegiatan ini bukan semata-mata rutin saja ataupun seremonial kemudian tidak ada lagi. Harus tumbuhkan semangat yang menggelora PKK sebagai mitra kerja pemerintah jadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif,” imbaunya.

Kata dia, dukungan dan partisipasi masyarakat akan memberikan nilai tambah yang luar biasa dengan memahami potensi yang dimiliki gerakan PKK.

Peringatan HKG PKK ke 47 mengambil tema dengan Peringatan PKK Kita Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras dengan Program Pemerintah. Maknanya sebagai mitra berkewajiban secara konsisten mendukung kebijkaan pemerintah.

Selain itu dari sisi momentum, berbagai
sasaran pencapaian program, pemerintah sangat berharap agar tetap berpegang pada prinsip dan semangat PKK agar setiap keluarga jadi benteng.

Penutupan HKG PKK dirangkaikan dengan pembacaan juara Lomba Goyang Tobelo. Juara I dari Kecamatan Kapontori, juara II Kecamatan Wabula dan juara III Kecamatan lasalimu Selatan.

Kemudian lomba tempa kelereng juara I Kecamatan Wolowa disusul Kecamatan Pasarwajo dan juara III Kecamatan Wabula. Sementara lomba pecah balon juara I Kecamatan Pasarwajo disusul Kecamatan Wabula sebagai juara II, serta Kecamatan Kapontori dan Lasalimu Selatan sebagai juara III.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...