Mahasiswa Tolak Kedatangan Presiden Jokowi di Sultra

Puluhan mahasiswa menggelar demo menolak kehadiran Jokowi di Sultra.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com -Delapan organisasi HMI, PMII, GPM, GMKI, GMNI, GPll, KMHDI, dan PMII yang tergabung dalam Cipayung Plus Sulawesi Tenggara (Sultra) menolak kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) dalam menghadiri acara Hari Pangan Sedunia ke 39 di Bumi Anoa.

Aksi penolakan terhadap kedatangan orang nomor satu Indonesia di Sultra, sejumlah mahasiswa di Kota Kendari melakukan demonstrasi di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Senin 28 Oktober 2019.

-Advertisement-

Ketua Umum GPM Sultra Abdul Rajab mengatakan, secara kelembagaan atas nama Cipayung Plus menolak kedatangan Presiden ke 8 di Republik Indonesia ke Sultra.

Penolakan ini, lanjut dia, sebagai bentuk reaksi terhadap kejadian september berdarah dengan yang menewasalkan dua mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Almarhum Randi dan Muhammad Yusuf Kardawi belum ada kejelasan dari pihak kepolisian.

“Kami menolak kedatangan Presiden Joko Widodo hadir di Bumi Anoa jika kasus penembakan Randi dan Yusuf belum ada kejelasan kepastian hukum,” orasinya.

Ketua Umum PW GPII Sultra Muhamad Ikram Pelesa mengatakan, semua anak bangsa pasti bangga dengan kedatangan Presiden di daerahnya, karena akan banyak melahirkan keuntungan-keuntungan melalui program yang didapatkan oleh Pemda.

“Kami akan bangga ketika Presiden dapat mengintervensi dalam mengungkap kasus meninggalnya Randi dan Yusuf,
dalam penanganannya di pimpin oleh putra daerah Sultra Komisaris Jendreal Polisi Idham Azis,” jelasnya.

“Persoalan Randi dan Yusuf bukan hanya duka kita di Sultra, tapi sudah menjadi duka nasional,” tambahnya.

Lanjutnya, untuk menyambut kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta ini akan dilakukan dengan aksi demonstrasi dan kekecewaan terhadap Presiden.

‘Presiden harus tahu ada sekelompok anak muda yang menolaknya, karena belum ada keadilan dab kepastian hukum terhadap meninggalnya Randi dan Yusuf yang ditembak oleh polisi,” jelasnya.

Untuk diketahui Presiden Joko Widodo akan datang ke Kota Kendari Provinsi Sultra untuk menghadiri acara pembukaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39, pada tanggal Sabtu 2 November 2019.

Penulis : Haerun

Facebook Comments