BLK Kendari Berikan Pelatihan Berbasis Kompetensi di Muna

604
Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menggelar pelatihan berbasis kompetensi non institusional di Kabupaten Muna. (Istimewa)

Kendari, Inilahsultra.com – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menggelar pelatihan berbasis kompetensi non institusional di Kabupaten Muna, Selasa 29 Oktober 2019.

Pelatihan ini digelar di Kecamatan Maligano mencakup tiga desa yakni, Desa Pohorua, Desa Maligano dan Desa Raimuna dan dibuka langsung oleh Bupati Muna LM Rusman Emba.

- Advertisement -

Di daerah ini, BLK Kendari memberikan pelatihan anyaman paket II, computer operator asistant paket VIII, pemasangan instalasi sederhana paket V dan las karbid paket XV.

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara angkatan kerja pada Februari 2019 sebanyak 1.296.494 orang, bertambah 9.871 orang (0,77 persen) dibanding Februari 2018 dan bertambah 35.046 orang (2,78 persen) dibanding Februari 2017.

Kemudian, tingkat pengangguran terbuka (TPT) Februari 2019 sebesar 2,96 persen, naik 0,17 persen poin dibanding Februari 2018 dan turun 0,18 persen poin dibanding Februari 2017.

Untuk menghadapi hal tersebut, BLK Kendari melaksanakan suatu kebijakan yang mendukung program pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara, salah satunya adalah mengurangi pengangguran serta upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga kerja untuk siap kerja maupun berwira usaha mandiri.

“Dalam menyelenggarakan pelatihan keterampilan kerja sebagai upaya meningkatkan kualitas, profesionalisme dan komptensi tenaga kerja untuk dapat berupaya menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia usaha melalui komptensi kerja yang baik di dalam maupun di luar negeri,” katanya.

Dalam era globalisasi saat ini, persaingan bagi tenaga kerja Indonesia tidak hanya memperhitungkan peluang pasar kerja di dalam negeri tetapi juga luar negeri.

“Namun apabila kualitas tenaga kerja kita tidak dipersiapkan dengan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap yang kompeten maka kesempatan kerja yang ada di dalam negeri pun akan diisi oleh tenaga kerja asing yang lebih baik dan kompeten,” jelasnya.

Dengan situasi ini, dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas diri terutama profesionalisme dan kompetensi kerja, sehingga dapat menjadi pelaku baik sebagai konsumen maupun produsen.

“Di masa sekarang ini sulit rasanya dapat maju tanpa dukungan pelatihan sumber daya manusia (SDM) yang baik, oleh karena itu pelatihan bukan lagi menjadi suatu altenative tetapi menjadi prioritas. Saya mengimbau dan berharap kepada saudara-saudara sekalian, agar memanfaatkan waktu yang berharga ini untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan selama mengikuti pelatihan berbasis kompetensi ini sebagai bekal dalam menghadapi era globalisasi sekarang ini, yang dibarengi dengan sikap mental yang mendukung potensi dan kualitas yang dimilki sehingga kesuksesan selalu ada pada saudara-saudara sekalian,” tuturnya.

Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menggelar pelatihan berbasis kompetensi non institusional di Kabupaten Muna. (Istimewa)
Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menggelar pelatihan berbasis kompetensi non institusional di Kabupaten Muna. (Istimewa)

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba mengaku, kehadiran BLK Kendari dalam mendorong kualitas pekerja di daerahnya menjadi hal yang positif.

“Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI, khususnya BLK Kendari atas kerja sama yg baik dan sinergi program antara BLK Kendari dengan Pemerintah Kabupaten Muna. Semoga ke depan kerja sama yg baik ini semakin ditingkatkan lagi guna mewujudkan masyarakat Muna khususnya angkatan kerja agar memiliki pengetahuan, ketrampilan, keahlian serta sikap prilaku yg baik yang pada akhirnya tujuan dari pelatihan ini yakni mewujudkan angkatan kerja yg kompeten dapat dicapai,” kata Rusman Emba.

Selain itu, Rusman Emba juga mengharapkan agar masyarakat sungguh-sungguh memanfaatkan momentum kegiatan pelatihan ini, karena manfaatnya sangat besar bagi masyarakat dalam rangka mempermudah dalam mendapatkan lapangan kerja di dunia usaha dan dunia industri atau pun dapat berusaha secara mandiri dengan berbekal dari pengetahuan dan ketrampilan yg dmiliki dan diperoleh selama mengikuti pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh Balai Latihan Kerja Kendari.

Penulis : Pandi

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...