Tahun Depan, Ritual Adat Akan Ramaikan Busel

82
Plt Bupati Busel H La Ode Arusani saat berpose bersama parabela se Kabupaten Busel.

Batauga, Inilahsultra.com – Salah satu bentuk menghargai budaya warisan leluhur, Pemkab Buton Selatan (Busel) akan mengaktifkan kembali seluruh ritual adat yang ada di Busel mulai tahun 2020 mendatang.

Komitmen Pemkab Busel ini ditandai dengan dikumpulnya seluruh tokoh adat (parabela) di Rujab Bupati Busel, Senin 4 November 2019.

Advertisements
- Advertisement -

“Saatnya kita bangkitkan kembali budaya yang menjadi warisan leluhur kita,” tutur Plt Bupati Busel, H La Ode Arusani.

Orang nomor satu di Busel ini, konsisten mengaktifkan kembali budaya leluhur ini. Bahkan, budaya ini menjadi salah satu prioritas dalam membangun Busel.

“Agar Busel ini benar-benar menjadi Busel Beradat,” ujarnya.

Sebagai wujud keseriusan pemerintah terhadap budaya, Arusani akan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penganggaran kegiatan budaya ritual adat dan honor para tokoh adat (parabela).

“Tahun depan (2020), seluruh kegiatan ritual adat di desa sudah aktif. Honornya juga tahun depan. Saya akan terbitkan Perbub,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Busel, La Ode Yusuf Hibali mengatakan, akan berkeliling menemui seluruh parabela Busel untuk mengetahui jumlah ritual adat yang ada pada masing-masing desa.

“Saya akan buatkan kalender ritual adat, agar penganggaran kegiatannya mudah dan transparan,” ucapnya.

Anggaran itu nantinya, lanjut Yusuf, untuk membiayai kegiatan-kegiatan ritual. Mulai dari memperbaiki baruga, melengkapi alat musik tradisional keperluan ritual, serta honor parabela.

“Jadi nanti di Busel ini akan ramai dengan kegiatan budaya. Pokoknya dalam satu bulan itu pasti ada ritual, berdasarkan kalender yang saya maksudkan tadi,” pungkas Yusuf Hibali.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...
                   
                   
Baca Juga :  12 Polwan Taklukan Selat Kadatua Busel