Perayaan HPS ke 39 di Sultra Resmi Ditutup Sekda

414
 

Kendari, Inilahsultra.com – Perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 dengan tema ” Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045″ di Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi ditutup di lapangan MTQ Kota Kendari, Selasa 5 Oktober 2019.

Penutupan HPS ini Direktur Perbenihan Kementrian Pertanian Ir Sukarman, Penjabat (Pj) Sekda Sultra La Ode Mustari, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Bupati Buton Utara Abu Hasan, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir serta tamu undangan yang menghadiri.

- Advertisement -

Di lokasi tak tampak Gubernur Sultra Ali Mazi maupun Wakil Gubernur Lukman Abunawas.

Gubernur Sultra Ali Mazi yang diwakili oleh Penjabat Sekda, La Ode Mustari mengatakan, makna yang terkandung dan hikmah yang dapat dipetik dari peringatan hari pangan sedunia yaitu harus saling mengigatkan bahwa kekuatan setiap negara ditentukan oleh kemampuannya untuk terus menjaga kedaulatan dan membangun kemandirian pangan secara terpadu.

“Kita harus merajut kebutuhan bahan pangan yang aman dan siap untuk seluruh kebutuhan masyarakat,” kata La Ode Mustari saat menyampaikan sambutan Gubernur.

Lanjutnya, di tengah ancaman krisis pangan dunia, peringatan HPS ini akan menjadi wahana untuk meningkatkan kesadaran koleltif dan perhatian semua pemandu kepentingan akan pentingnya penanganan masalah pangan baik secara nasional maupun internasional.

“Saya merasa bangga dan terharu atas momentum yang terjadi peringatan HPS ini, karena menggambarkan betapa komitmenya kita untuk menyukseskan kegiatan internasional yang dilakukan setiap tahun berjalan dengan apa yang direncanakan,” jelasnya.

Perayaan HPS tahun ini, kata dia, merupakan berkah bagi pemerintah daerah, dan seluruh masyarakat Sultra karena telah memberi dampak positif terhadap pembangunan di Bumi Anoa.

Hadirnya berbagai elemen peserta HPS dari luar Sultra telah memberi kesempatan kemampuan daerah untuk memperkenalkan dan sekaligus mempromosikan berbagai potensi daerah sumber daya alam (SDA) Sultra baik potensi pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan, pariwisata, pertambangan dan lainnya.

“Kita perkenalkan potensi daerah supaya dikenal bukan hanya masyarakat Sultra, tapi juga bisa dikenal secara nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Kemudian, dengan hadirnya peserta HPS yang partisipasi telah memicu tingkat perputaran uang di Sultra khususnya di Kota Kendari dengan peningkatan jumlah penghunian hotel, penyewaan rumah warga, meningkatnya penjualan hasil olahan industri, meningkatnya pengunjung warung makan, dan penyewaan kendaraan pribadi milik masyarakat.

“Satu hal ini telah berdampak laju dengan perputaran roda perekonomian masyarakat. Sehingga tidak salah kalau saya katakan peringatan HPS ini terbilang sukses, baik suskes dari sisi penyelenggaraan, dan sukses memberi kontribusi positif bagi pembangunan daerah dan masyarakat Sultra,” tutupnya.

Untuk itu, ia berterima kasih kepada seluruh panitia pusat dan daerah. Dan berterima kasih pula peserta para peserta dari berbagai daerah dan mancanegara telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan HPS ke 39 di Sultra.

“Saya mewakili Pemerintah Provinsi Sultra mengucapkan terima kasih kepada semua yang sudah menyukseskan kegiatan ini mulai dari pembukaan sampau dengan penutupan kegiatan HPS,” ujarnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...