Pemkab Muna Kembali Raih WTP, Rusman Emba: Kita Tingkatkan Terus Kinerja

164
 

Raha, Inilahsultra.com-Kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) Muna dibawah kepemimpinan, Bupati LM Rusman Emba dan Wakil Bupati, Abdul Malik Ditu dalam mengelola laporan keuangan daerah tahun 2018 patut diapresiasi. Pasalnya, Pemkab Muna kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Atas raihan itu, Pemkab Muna secara berturut-turut sudah 3 kali mendapat predikat tertinggi dalam penilaian pengelolaan keuangan.

- Advertisement -

Penyerahan penghargaan WTP diberikan langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra Arif Wibawa kepada Bupati Muna LM Rusman Emba, Senin malam, 11 November 2019, bertempat di Aula Galampano.

Mewakili Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam penyerahan penghargaan ini, Arif Wibawa mengapresiasi Bupati Muna dan jajarannya karena telah mengelola keuangan daerah dengan baik, transparan dan akuntabel.

“Predikat WTP ini merupakan yang ketiga kalinya diterima Pemkab Muna,” katanya.

Kepala Kanwil menyebut bahwa untuk meraih penghargaan tersebut ada empat kriteria yang perlu dipenuhi. Pertama, kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintah. Kedua, efektifitas pengendalian internal. Ketiga, kecukupan pengungkapan informasi dan terakhir adalah kepatuhan pada peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, Bupati Muna, LM. Rusman Emba menyampaikan, bahwa institusi yang dipimpinnya butuh dua kali lagi penerimaan WTP agar jumlahnya genap lima penghargaan.

“Bila Kabupaten Muna mendapat WTP sebanyak 5 kali maka penghargaan tidak lagi diterima di Muna tapi di Ibu Kota oleh presiden Republik Indonesia,” ucapnya.

Rusman menyampaikan, raihan WTP ini tidak hanya dikerjakan oleh segelintir orang saja, tapi penghargaan ini merupakan kerjasama seluruh stakeholder di Kabupaten Muna.

Olehnya itu, politisi PDIP ini berharap untuk tidak berbesar hati. “Tetapi perlu terus bekerja keras dan meningkatkan kinerja,” harapnya.

Reporter : Iman Supa

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...