Pemkot Kendari Berencana Bangun Industri

288
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari menggelar seminar penyusunan naskah akademik dan rancangan peraturan daerah (Raperda) pembangunan industri Kota Kendari, Selasa 12 November 2019.

Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kendari Benyamin Salempang dalam sambutanya mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan Rencana Pembangunan Industri Kota (RPIK) untuk jangka waktu 20 tahun ke depan.

- Advertisement -

Langkah ini dibuat sebagai tindak lanjut dan lahirnya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, dimana Pemerintah Kota/Kabupaten diwajibkan menyiapkan RPIK tersebut.

“Meski demikian untuk melaksanakan RPIK tidak mudah karena konsep dasarnya dikembangkan atas dasar sistem industri yang bersifat integratif dari hulu sampai hilir,” terangnya.

Ia mengaku, dalam mengimplementasikan RPIK ini tidak mudah, harus memerlukan koordinasi dan kerja sama yang efektif diantara para pemangku kepentingan dari berbagai sektor wilayah sebagai pusat pertumbuhan.

“Bagi kami ini adalah pekerjaan besar yang penangananya harus memerlukan manajemen serta strategi yang andal agar sistemnya dapat terstruktur dengan baik,” ujarnya.

Benyamin Salempang menuturkan, dalam RPIK Kendari ini diperlukan informasi industri komoditas unggulan sebagai landasan utama dalam pembangunan teknologi industri yang berwawasan lingkungan (industri hijau).

“Seperti yang tertera dalam visi Kota Kendari dimana landasan utama mewujudkan Kota Kendari, kota layak huni berbasis ekologi,” tutupnya.

Penulis : Harkila

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...