Pemilihan Serentak 2020 di Sultra Harus Lebih Berkualitas

87
Ilham Saputra memukul gong tanda launching Pemilihan Serentak 2020 tujuh daerah di Sultra. (Istimewa)

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi penguatan kelembagaan pascapemilu 2019 dan dalam rangka menyongsong pemilihan serentak 2020.

Acara ini dihadiri oleh anggota KPU RI Ilham Saputra, Gubernur Sultra yang diwakili Staf Ahli Gubernur Sultra Muh Djudul, anggota KPU Sultra, anggota dan sekretaris KPU kabupaten atau kota dan pegiat pemilu.

Advertisements
- Advertisement -

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Moethalib mengatakan, pelaksanaan Pemilu di Sultra sudah memenuhi semua tahapan dan hasilnya sudah dilantik.

“Dalam pelaksanaan pemilu itu banyak tantangan yang kami hadapi karena wilayah Sultra terbagi delapan daerah di daratan dan sembilan berada di kepulauan,” kata Natsir di Hotel Claro Kendari, Senin 18 November 2019.

Ia mengaku, meski berjalan sukses, namun beberapa sisi penyelenggaraan mesti diperbaiki ke depannya.

“Pilkada harus punya spirit yang sama, yang baik di pemilu harus dilanjutkan dan bahkan harus ditingkatkan selanjutnya,” katanya.

Ia berharap, pemilihan serentak di tujuh daerah di Sultra bisa jadi percontohan karena berlangsung damai, lancar dan tanpa adanya kekerasan.

“Pilkada tanpa menghancurkan hubungan persaudaraan. Sebab, kontestasi itu biasa,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, pria yang akrab disapa Ojo ini mengaku berterimakasih kepada Pemprov Sultra yang turut mengawal proses NPHD di kabupaten yang menyelenggarakan pemilihan langsung.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Sultra Muh Djudul menyebut, pihaknya akan terus mendukung kerja KPU dalam mensukseskan pemilihan langsung 2020.

Di tempat yang sama, anggota KPU RI Ilham Saputra mengaku, sering mewanti-wanti KPU Sultra soal kinerjanya. Sebab, berdasarkan pengalaman, pemilihan di Sultra sering diwarnai masalah.

“Kami sering mewanti-wanti KPU Sultra. Ternyata, hal itu menjadikan bahan evaluasi untuk betul-betul memperbaiki kualitasnya,” kata Ilham.

Baca Juga :  KPU Sultra Sosialisasi ke Kelompok Perempuan

Dalam kesempatan itu juga, Ilham melaunching pemilihan serentak 2020 yang ditandai dengan pemukulan gong.

Selain itu, Ilham juga memberikan beberapa penghargaan kepada KPU kabupaten atau kota yang dianggap masuk nominasi terbaik dalam berbagai urusan, baik logistik, daftar pemilih dan partisipasi pemilih.

Penulis : Harkila

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...