Warga Kondowa Segel Lahan Pembangunan Perumahan

426
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Lokasi rencana pembangunan perumahan di samping Kantor Bupati Buton di Takawa, disegel warga Desa Kondowa, Selasa 26 September 2019. Penyegelan ini dilakukan karena diduga telah terjadi penyerobotan lahan.

Masyarakat dan tokoh adat Kondowa merasa tanah tersebut belum dihibahkan kepada PT Putra Butuni Indonesia untuk pembangunan perumahan.

- Advertisement -

Salah satu Koordinator Lapangan (Korlap) Fahrul Alwan Kondowa mengatakan, kedatangannya bersama tokoh adat dan masyarakat untuk menghentikan kegiatan yang saat ini di kelola perusahaan swasta tersebut.

“Lahan itu masih milik adat masyarakat Kondowa yang belum dihibahkan namun dikelola pihak swasta,” ujarnya.

Dia mengatakan, sudah berkoordinasi dengan Kesultanan Buton dan membenarkan jika lahan tersebut masih milik masyarakat adat Kondowa.

“Kami meminta agar segala kegiatan di lahan tersebut dihentikan. Jika tidak masyarakat yang akan merusaknya,” terangnya.

Menurut dia, lahan yang bakal dibangunkan perumahan tersebut sudah terbangun dua fondasi rumah. Padahal seharusnya tidak boleh dilakukan karena status tanah masih milik masyarakat adat.

Setelah penyegelan, lanjut dia, rencananya masyarakat adat akan menemui Bupati Buton La Bakry, DPRD, Kapolres dan Kajari untuk meminta agar pembangunan di lahan masyarakat adat dihentikan.

“Jika kami melihat masih ada kegiatan maka masyarakat yang akan merusaknya langsung,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari PT Putra Butuni Indonesia.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...