Tersangka Penipuan dan Penggelapan 13 Mobil Rental di Kendari Ditangkap Polisi

674
Tersangka penggelapan 13 kendaraan mobil rental di Kendari. (Onno/Inilahsultra)

Kendari, Inilahsultra.com – Seorang warga Jalan Edi Sabara, Kelurahan Lahundape, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Suwandi (35) harus berurusan dengan pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Mandonga. Pasalnya pria tersebut telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan mobil rental di Kendari.

Kejadiannya, Rabu 6 Agustus 2019 sekira pukul 13.00 WITa, awalnya dua unit mobil dilaporkan oleh pelapor. Ternyata, dari hasil pengembangan, Suwandi juga telah menyewa mobil sebanyak 11 unit dari pemilik rental di Kendari, dan kendaraan tersebut telah gadaikan kepada orang lain.

Advertisements
- Advertisement -

Awalnya, dua unit mobil diamankan oleh Unit Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polsek Mandonga, kemudian dilakukan pengembangan dipimpin langsung Kapolsek Mandonga, AKP I Ketut Arya Wijanarka.

Pencarian kendaraan dimaksud dimulai sejak 23-26 November 2019, di Kecamatan Moramo, Kecamatan Landono, Konsel dan Kabupaten Bombana. Dari hasil pengembangan di lapangan personel Polsek Mandonga mengamankan 11 unit mobil.

Kapolres Kendari, AKBP Didik Erfianto mengatakan, tersangka menghubungi pelapor dengan maksud akan menyewa atau mengontrak mobil perbulan dengan harga Rp 9 juta, untuk satu unit kendaraan.

“Tersangka mengontrak dua unit mobil merek Avanza. Bulan November 2019 pelapor meminta agar kendaraan yang dikontrak dikembalikan guna pengecekan kondisi kendaraan,” terang Didik Erfianto saat press release di Polsek Mandonga, Rabu 27 November 2019.

Namun, sambung Didik, tersangka tidak dapat memperlihatkan kendaraan tersebut dengan berbagai macam alasan. Pelapor pun langsung melaporkan di Polsek Mandonga, pada 22 November 2019.

“Berdasarkan laporan itu, personel Polsek Mandonga melakukan penyelidikan dan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi,” ujarnya.

Perwira dengan dua Melati di pundak ini melanjutkan, tak butuh waktu lama, personel Polsek Mandonga berhasil mengamankan tersangka. Dari hasil pemeriksaan tersangka telah menyerahkan dua unit mobil kepada R karena masalah utang tersangka.

Baca Juga :  DPRD Kota Kendari Soroti Mobil Tambang Gunakan Jalan Dalam Kota Kendari

“Tersangka juga telah menyewa kendaraan sebanyak 11 unit mobil dari pemilik rental di Kendari,” tuturnya.

Total mobil yang berhasil diamankan sebanyak 13 unit kendaraan roda empat dengan berbagai macam merek.

“Kepada pemilik mobil rental di Kendari agar mengecek kendaraan yang saat ini disita di Polsek Mandonga,” imbaunya.

Atas perbutannya, tersangka melanggar pasal 378 subsider 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...